Categories : Future Tense

 

Future Continuous tense

Ketika berbicara mengenai tenses, maka Anda akan menjumpai aneka ragam tenses berdasarkan pada waktu kejadian sebuah peristiwa berlangsung seperti misalnya simple present tense, simple past tense, future continuous tense, dan masih banyak lagi lainnya. Tentunya masing-masing tenses memiliki pengertian, rumus, serta pola penggunaannya sendiri-sendiri. Misalnya kata Present berarti ada aksi atau peristiwa yang berlangsung pada masa sekarang, sedangkan kata Past berarti ada aksi atau peristiwa yang terjadi pada masa lampau. Sementara itu, jika Anda menjumpai kata Future pada tenses itu berarti bahwa ada suatu peristiwa yang akan sedang berlangsung pada masa mendatang.

Secara umum, banyak orang mengenal istilah future continuous tense sebagai future progressive tense. Adapun pengertian future continuous tense adalah suatu bentuk kata kerja yang digunakan untuk mengindikasikan aksi atau peristiwa yang akan sedang terjadi pada waktu tertentu di masa depan. Aksi tersebut telah dimulai namun belum selesai pada saat itu. Secara mendasar, future progressive tense ini dibentuk dari auxiliary verb ‘will’ dan ‘be’ serta present participle. Jika simple present dan simple past menggunakan static verb, maka future progressive tense cenderung menggunakan dynamic verb karena hanya dynamic verb yang memiliki bentuk continuous.

Rumus dan Contoh Future Continuous tense

Sementara itu, pengertian future continuous tense dalam Bahasa Inggris dapat dibagi menjadi dua bagian: yang pertama future progressive is used to indicate that a longer action in the future will be interrupted by a shorter action in the future, misalnya I am going to be staying at Four Season Hotel, if anything happens and you need to contact me. Kemudian yang kedua adalah there are parallel actions in the future and it expresses the idea that both actions will be happening at the same time. Contohnya adalah Tonight they will be eating dinner, discussing their plans, and having a good time.

Berikut adalah rumus future continuous tense secara lengkap yang digunakan dalam kalimat positif, negatif, dan kalimat interogatif (kalimat tanya).

  1. S + will be + V1-ing / present participle
    ex : He will be sleeping. (Dia akan sedang tidur)
  1. S + will + not + be + V1-ing / present participle
    ex : She will not be coming. (Dia tidak akan sedang datang)
  1. Will + S + be + V1-ing / present participle?
    ex : Will they be walking? (Akankah mereka sedang berjalan kaki)

Untuk memahami lebih detail dan lebih spesifik, maka coba Anda perhatikan contoh kalimat future continuous tense berikut:

  1. Intan will be working at the office when you arrive. (Intan akan sedang bekerja di kantor ketika kamu datang)
  2. They will be walking on Laguna Beach tomorrow morning. (Mereka akan sedang berjalan kaki di pantai Laguna besok pagi)
  3. He will be sleeping at 11 p.m. (Dia akan sedang tidur pada pukul 11 malam)

Perhatikan Keterangan Waktu Kejadian dalam Future tense

Jika Anda melihat pada contoh kalimat positif, negatif, dan interogatif di atas, Anda tidak akan menemukan keterangan detail mengenai waktu kejadian. Namun demikian, keterangan waktu dapat dilihat pada contoh kalimat selanjutnya yaitu keterangan: ‘when you arrive’, ‘tomorrow morning’, dan ’11 p.m.’. Dalam kalimat dengan keterangan waktu, maka Anda akan dapat dengan mudah mengetahui kapan kejadian atau peristiwa yang akan terjadi tersebut berlangsung.

Contoh Soal Future Continuous Tense

Kemudian selanjutnya, Anda disarankan untuk melihat lebih detail pada beberapa contoh soal future continuous tense berikut:

  1. At 6 p.m. tonight, John …….. (wash) the dishes (active)
  2. At 6 p.m. tonight, the dishes …….. (wash) by John (passive)
  3. You …… (still wait) for her when her plane arrives

Pada kalimat pertama, Anda seharusnya mengisi dengan kata is going to be washing, sedangkan kalimat kedua adalah are going to be being washed. Sementara kalimat ketiga jawaban yang benar adalah will still be waiting. Satu hal penting yang perlu diingat dalam kaitannya dengan penggunaan future continuous tense adalah bahwa future tense tidak dapat digunakan pada time clauses seperti while, when, after, before, if, unless, by the time, as soon as, dan lain sebagainya.

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

 Posted on : September 5, 2013