Categories : Past Future Tense

 

Past Future Continuous

Ketika pertama kali mendengar mengenai past future continuous tense, maka sudah dapat diprediksi bahwa ada suatu peristiwa atau kejadian yang akan sedang berlangsung pada masa mendatang ketika sedang berada pada masa lampau. Sedangkan kata continuous atau progressive pastinya merujuk pada digunakannya kata verb1 + ing. Kemudian agar lebih jelas dan memahami lebih detail mengenai tense ini, maka berikut akan dijabarkan mengenai pengertian, tujuan, serta contoh kalimatnya.

Sebagai informasi, pengertian past future continuous tense adalah suatu bentuk kata kerja yang digunakan untuk membicarakan apa yang akan sedang dilakukan di masa depan ketika berada di masa lalu. Seperti halnya bentuk-bentuk future tense lainnya, past future continuous tense ini seringkali digunakan untuk membuat rencana di masa depan, membuat janji dan prediksi, serta biasanya disebutkan dengan jelas waktu yang spesifik. Dalam Bahasa Inggris, tense ini berarti “for showing that something started in the past and continued up until another time in the past”.

Rumus dan Contoh Kalimat Past Future Continuous Tense

Pada intinya, past future continuous tense dibentuk dari auxiliary verb would atau should, diikuti dengan be dan present participle (verb1). Berikut adalah rumus past future continuous tense dalam bentuk kalimat positif, negatif, dan interogatif (kalimat tanya).

(+)  S + would/should be + V1-ing/present participle
(-)  S + would/should +not + be + V1-ing/present participle
(?)  would/should + S + be + V1-ing/present participle

Selanjutnya, artikel ini akan membahas lebih detail mengenai dua fungsi utama dari past future continuous tense beserta contoh kalimat past future continuous tense. Beberapa contoh kalimat sederhana adalah sebagai berikut:

  1. Aaron told me that he would be attending the conference at 8 o’clock this morning. (Aeron bicara kepada saya bahwa dia akan sedang hadir di konferensi jam 8 tadi pagi)
  2. Hilary planned to do some tests in the laboratory at 9 a.m. yesterday. (Hillary berencana akan melakukan beberapa ujian di laboratorium jam 9 pagi kemarin)
  3. She had a feeling that the show wouldn’t be taking place smoothly at 6 p.m. last week. (Dia sudah merasa bahwa pertujukannya tidak akan berjalan secara lancar pada jam 6 sore minggu lalau)
  4. My mother thought the wind would be blowing hard by this time yesterday. (Ibuku berpikir bahwa angin akan sedang bertiup kencang waktu itu kemarin).

Pada kalimat pertama dan kedua, dapat dikatakan bahwa tense ini digunakan untuk membicarakan aksi atau peristiwa direncanakan akan sedang berlangsung pada masa lampau. Sementara kalimat ketiga dan keempat untuk mengindikasikan bahwa ada aksi yang diprediksi akan sedang berlangsung di masa lampau.

Contoh Soal Past Future Continuous Tense

Semakin banyak latihan mengerjakan soal, akan semakin menambah wawasan Anda mengenai berbagai macam tenses. Selanjutnya adalah pembahasan mengenai beberapa contoh soal past future continuous tense beserta penjelasannya.

  1. I ……. (discuss) English with my classmates at 2 p.m. last Monday
  2. We ……. (watch) a football game at 12 a.m. last night
  3. When I arrived home last night, my son ……. (watch) TV
  4. He would still be studying at the library tonight, so he …….. (not see) his mother when she arrived home

Kalimat pertama dan kedua seharusnya adalah ‘would be discussing’ dan ‘would be watching’ karena ia digunakan untuk menyatakan kembali aksi yang diprediksi akan sedang terjadi/dilakukan pada waktu yang spesifik di masa lampau. Sedangkan kalimat ketiga dan terakhir seharusnya adalah ‘would be watching’ dan ‘would not see’ karena digunakan untuk membicarakan aksi yang direncanakan akan sedang terjadi di masa lampau, yang diinterupsi oleh aksi yang lain. Selain itu, past future continuous tense juga bisa digunakan untuk menyatakan dua atau lebih peristiwa yang diprediksi akan sedang terjadi pada saat bersamaan di waktu lampau.

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

 Posted on : April 21, 2015