Categories : Adverb

 

Pengertian Adverb Clause Contoh Kalimat dan Soal

Belajar tentang adverb clause harus dimulai dari pemahaman tentang adverb itu sendiri. Adverb merupakan kata keterangan yang digunakan dalam praktik berbahasa Inggris. Kata keterangan ini terdiri dari berbagai bentuk untuk menunjukkan waktu, cara, derajat, harapan, frekuensi, tempat, arah, tujuan, dan fokus.

Walaupun ada banyak kata keterangan yang digunakan, namun kita bisa menguasainya perlahan seiring dengan kebiasaan dalam mempraktikkan Bahasa Inggris. Lalu, apa pengertian adverb clause? Pada dasarnya, ini adalah sebuah kalimat yang berfungsi sebagai keterangan dan menjadi dependent clause. Artinya adalah kalimat yang menjelaskan informasi untuk menjelaskan kondisi, situasi, dan berbagai keterangan lainnya, atau dalam konteks untuk menjawab pertanyaan what, why, where, when, dan how. Kalimat ini juga dirangkaikan untuk membentuk kalimat kompleks.

Rumus dan Contoh Adverb Clause

Tidak sulit untuk mengenali adverb clause, apalagi kalau sudah dipaparkan dalam susunan kalimat tertulis. Untuk membuatnya, kita menggunakan rumus:

Subordinate Conjuction + S + V

Apa itu subordinate conjuction? Itu merupakan kata keterangan seperti because, after, when, though, dan sebagainya. Rumusan tersebut bisa kita lihat dari contoh kalimat adverb clause:

When she played the game. (Ketika dia (perempuan) bermain game)

Kalimat di atas digunakan untuk menyusun kalimat kompleks. Yang rumusannya adalah:

Independent Clause (S + V) + adverb clause

Contoh untuk kalimat kompleks-nya adalah:

When she played the game, I found a lot of book.
(Ketika dia (perempuan) bermain game, aku menemukan banyak buku)

Indikator dan Fungsi Penggunaan Kalimat

Supaya lebih mahir dalam menggunakan adverb clause, biasakanlah dengan berlatih menyusun kalimat kompleks atau mengerjakan beberapa soal. Penggunaannya pun tergantung konteks dan bisa diterapkan untuk bagian awal atau akhir. Kita bisa menemukan beberapa tandanya seperti penggunaan kata keterangan dalam sebuah susunan kalimat kompleks. Pada dasarnya, penggunaan model kalimat ini punya beberapa fungsi utama, yaitu:

  • Menjelaskan informasi tentang verb. Contoh kalimat: He will go to surabaya after he finishes his homework.
  • Menjelaskan informasi tentang adjective. Contoh kalimat: When they are young, they always playing football with me.
  • Memberikan informasi tentang adverb. Contoh kalimat: I move to be here because this place is very nice.

Contoh Soal Adverb Clause

Kita langsung lanjutkan saja pada contoh soal adverb clause.

  1. Mother called him…he was sleeping.
  2. She was eating..he brother was showering.
  3. …I asked her, she hung up.
  4. …Gendon and Dylan were reading, their dogs were sleeping.
  5. …I was waiting for her, she came and surprised me.

Cobalah untuk mengisi lima pertanyaan di atas. Pada kalimat pertama, yang diisi dalam titik-titik harusnya adalah when. Maksudnya, ibu memanggilnya ketika dia sedang tidur. Untuk kalimat nomor 2, jawaban yang tepat juga when. Kalimat ketiga juga menggunakan when. Pada kalimat ke empat, jawabannya adalah while. Sedangkan yang ke lima juga while. Demikianlah beberapa hal yang bisa dipahami dari adverb clause.

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

 Posted on : May 6, 2015