Categories : Adverb

 

Kita akan belajar sedikit tentang dasar-dasar dari adverb clause. Fungsinya sebagai kata keterangan yang mendeskripsikan informasi dari kalimat sebelum atau sesudahnya. Penggunaannya juga sering diterapkan dalam berbagai ucapan dan ungkapan dalam Bahasa Inggris.

Kita mulai dari pengertian adverb clause. Adverb clause merupakan anak kalimat yang fungsinya menerangkan kata kerja. Anak kalimat ini menyatakan atau menegaskan sesuatu kondisi yang merupakan bagian dari kalimat utamanya.

Pengertian Adverb Clause serta Contoh Kalimat dan Soal

Rumus dan Contoh Adverb Clause

Rumus paling mudah dari adverb clause adalah dengan membuatnya sebagai anak kalimat dengan keterangan penghubung. Sementara itu, adverb clause sendiri terdiri dari dua macam kalimat, yaitu complex sentence dan adverbial clause. Mari kita amati di bawah ini:

Complex Sentence:
Independent Clause (S + V) + Adverbial Clause

Adverbial Clause:
Subordinate Conjuction + S + V+ …

Contoh kalimat adverb clause adalah:

  • When she walked, she found a lot of stuff. (ketika dia berjalan, dia menemukan banyak barang)

When merupakan subordinate conjuction. Sedangkan kalimat pertama yang ditutup oleh tanda koma merupakan adverbial clause. Yang menjadi independent clause adalah kalimat terakhir.

Dari rumus di atas, adverb clause selalu melengkapi kalimat independen, yang artinya digunakan sebagai penjelas. Sedangkan pada adverbial clause diawali dengan subordinate conjuction. Rumus di atas akan memudahkan praktik penggunaan dan penerapan kata keterangan dalam sebuah anak kalimat dengan konteks berbeda-beda. Selanjutnya, kita pelajari beberapa jenis dari penggunaannya berdasarkan fungsi.

Indikator Penggunaan Adverb Clause dalam Kalimat

Sebelum melangkah pada pembahasan contoh soal adverb clause, kita kenali dulu jenis-jenis dari adverb clause:

  1. Clause of Time
    Fungsinya untuk menunjukkan waktu. Kata penghubungnya (conjunction) antara lain: before, after, sooner, later, as, while, dan sebagainya.
    – Contohnya: Please put the book before you go out. (tolong letakkan bukunya sebelum kamu pergi)
  1. Clause of Place
    Fungsinya untuk menunjukkan tempat. Kata penghubungnya antara lain: wherever, anywhere, nowhere, where, dan sebagainya.
    – Contohnya: They will sleep wherever they find an empy spot. (mereka akan tidur dimanapun mereka menemukan tempat yang kosong)
  1. Clause of Concession/Contrast
    Fungsinya untuk menegaskan adanya pertentangan antara dua hal yang saling berkaitan. Kata penghubungnya antara lain: as the time, inspite of, even if, whereas, even though, although, dan sebagainya.
    – Contohnya: Although it is already late, we’ll going home now. (walaupun ini sudah terlambat, kami akan pulang sekarang)
  1. Clause of Manner
    Fungsinya menunjukkan hal yang sudah terjadi. Kata penghubungnya antara lain: in that, like, how, as, dan sebagainya.
    – Contohnya: They may lose again, like yesterday. (mereka mungkin hilang lagi seperti kemarin)
  1. Clause of Purpose
    Fungsinya untuk menunjukkan tujuan atau hasil. Kata penghubungnya antara lain: in case, lest, end that, so that, dan sebagainya.
    – Contohnya: He is keeping his food, so he can eat it later. (dia sedang menyimpan makanannya sehingga dia bisa memakannya nanti)
  1. Clause of Cause and Effect
    Fungsinya untuk menunjukkan hubungan sebab dan akibat. Kata penghubungnya antara lain: that, due the fact, since, dan sebagainya.
    – Contohnya: Budi had behaved so kindly that he received a gift. (Budi mempunyai sikap yang baik maka dia menerima sebuah hadiah)
  1. Clause of Condition
    Fungsinya untuk menunjukkan hubungan dari dua hal yang saling terkait atau tersyarat. Beberapa kata penghubungnya antara lain: unless, in the even that, if, dan sebagainya.
    – Contohnya: If I see her, I will tell I love her. (jika saya melihatnya, saya akan berkata saya saying dia)

Contoh Soal Adverb Clause

Untuk latihan soalnya, silakan cermati beberapa kalimat di bawah ini:

Silakan gunakan latihan-latihan lain untuk lebih memahami adverb clause.

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

 Posted on : May 27, 2015