Categories : Adverb

 

Pengertian Adverb of Manner Contoh Kalimat dan Soal

Adverb of manner ialah salah satu kata keterangan yang sering ditemukan pada kalimat-kalimat Bahasa Inggris yang berfungsi untuk menerangkan atau menjelaskan. Dengan kata lain, pada setiap kalimat yang terdapat kata sifat atau kata kerja, kata keterangan ini akan muncul untuk mendeskripsikan kata kerja atau kata sifat. Kata keterangan ada beberapa jenis, selain manner, ada juga adverb of time, place, dan lainnya. masing-masing kata keterangan tersebut memiliki fungsinya sendiri. Misalnya adverb of place menyatakan tempat yang dikunjungi atau tempat di mana subject itu ada. Sedangkan, time mengacu pada kapan subject akan melakukan kegiatan. Sementara manner berfungsi sebagai kata keterangan yang menyatakan bagaimana sebuah aksi atau peristiwa terjadi.

Kata keterangan manner, biasanya ditunjukan dengan akhiran –ly. Tetapi tidak semua yang berakhiran –ly termasuk kata keterangan. Sementara untuk pengertian adverb of manner sendiri ialah kata keterangan yang menjelaskan atau menerangkan bagaimana peristiwa atau kejadian itu terjadi atau dilakukan. Adverb of manner hampir selalu diletakkan sesudah atau sebelum kata kerja, karena fungsinya memang untuk menerangkan kata kerja atau objek.

Jenis dan Contoh Adverb of Manner

Kata keterangan jenis manner dapat diletakkan di semua bagian kalimat, di depan, tengah, atau belakang. Para penulis memiliki alasan sendiri untuk meletakkan adverb of manner ini. Berikut ialah contoh kalimat adverb of manner dan cara meletakkan kata keterangan alat atau manner pada kalimat Bahasa Inggris:

  1. Kata keterangan alat atau manner diletakkan sesudah kata kerja.
    – She sings loudly(Dia bernyanyi dengan suara keras)
  2. Kata keterangan alat yang diletakkan di awal kalimat
    Directly, they come to see the headmaster. (secara langsung, mereka datang untuk melihat kepala sekolah)
  3. Kata keterangan tidak boleh diletakkan di antara kata kerja.dan object secara langsung
    – She took roughly the book from cabinet. (salah)
    – She took the book from cabinet roughly (benar). Dia mengambil buku dari lemari kaca dengan kasar)
  4. Bila ada preposisi atau kata depan sebelum object kata kerja, maka kata keterangan alat diletakkan sesudah object atau sebelum kata depan
    – The girl sat happily under the tree. (Gadis itu duduk dengan bahagia dibawah pohon)
    – The girl sat under the tree happily. (Gadis itu duduk  dibawah pohon dengan bahagia)
  5. Kata keterangan juga bisa diletakkan pada kata kerja dan object untuk memberi penekanan pada kalimat yang dibuat
    – She quickly run after me. (Dia dengan cepat berlari setelah saya)

Sebagai informasi, ada beberapa kata dalam Bahasa Inggris yang diindikasikan sebagai adverb of manner walaupun tidak menggunakan akhiran –ly, yaitu well, hard, dan fast.

Contoh Soal Adverb of Manner

Kebanyakan siswa, pasti ingin meningkatkan kemampuan bahasa inggrisnya dengan baik. Tidak hanya mengenal secara teori saja, tapi mampu mempraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Caranya hanya satu, yaitu banyak berlatih soal-soal Bahasa Inggris yang belum diajarkan di sekolah atau tempat kursus. Berikut ialah contoh soal adverb of manner:

Complete these sentences with suitable adverb of manner!

Slowly, carefully, patiently, gently, angrily

  1. The teacher spokes…… to the student.
  2. I wait for a doctor…….
  3. ……. she puts clothes to her baby.
  4. The husband act…. toward his wife.
  5. The snail crawled……

Kalimat pertama disi dengan kata angrily, dan kalimat kedua ialah patiently. Untuk jawaban soal ketiga yaitu carefully yang berarti hati-hati, dan keempat adalah gently atau lembut. Sedangkan untuk soal terakhir, jawabannya adalah slowly.

Dapat menjadi latihan yang bagus agar semakin memahami adverb of manner.

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

 Posted on : May 20, 2015