Categories : Adverb

 

Pengertian Adverb Phrase Contoh Kalimat dan Soal

Penggunaan adverb phrase dilengkapi oleh qualifier atau beberapa kelompok kata yang menunjukkan frase infinitive, atau prepositional. Tentu saja akan sedikit membingungkan kalau belum begitu memahami dasar pengertian tentang frase adverb. Oleh karena itu, mari kita uraikan dulu pengertian serta rumusannya.

Apa pengertian adverb phrase? Pada dasarnya, fungsinya ialah untuk menunjukkan keterangan dari sebuah kalimat. Supaya lebih jelas, kita bisa membedakannya dengan single adverb. Single adverb terdiri dari beberapa kata misalnya there, quickly, yesterday, dan sebagainya. Sedangkan adverb phrase­ bisa terdiri dari beberapa contoh seperti at school, at library, at home, very slowly, to go to building, dan sebagainya. Letaknya juga cenderung bebas sehingga barangkali akan sedikit menyulitkan untuk mengidentifikasinya. Maka, dibandingkan dengan bentuk tunggalnya, cara menentukannya agak sedikit rumit.

Rumus dan Contoh Adverb Phrase

Kita bedakan dulu antara qualifier, infinitive, dan prepositional. Yang dimaksud sebagai qualifier adalah beberapa contoh kata seperti enough, so, very, too, dan sebagainya. Infinitive contohnya seperti to drink a coffee, to eat a cake, dan sebagainya. Sedangkan prepositional contohnya adalah at, between, about, dan sebagainya. Untuk rumusan dari kalimat adverb phrase adalah:

He walks extremely fast.
(Dia berjalan sangat cepat)

Yang berhuruf tebal merupakan adverb phrase untuk qualifier. Di kalimat itu, Phrase digunakan untuk menggambarkan bahwa dia melakukannya dengan luar biasa cepat atau sesuatu yang sulit untuk dibayangkan dalam keadaan normal berjalannya.

Indikator dan Fungsi Penggunaan Kalimat

Dari contoh kalimat adverb phrase di atas, kita sebenarnya sudah memahami bagaimana kata keterangan ini seharusnya diletakkan atau digunakan. Penggunaannya dalam kalimat pun tergantung konteks dan bisa diposisikan di mana saja. Perlu dipahami bahwa kata keterangan ini digunakan untuk 5 fungsi, yaitu untuk:

  • Tujuan (purpose)
  • Frekuensi (frequency)
  • Tempat (place)
  • Manner (cara)
  • Waktu (adverbs of time)

Contoh Soal Adverb Phrase

Cara untuk lebih mudah memahami dan mempraktikkannya adalah dengan contoh soal. Berikut adalah beberapa soal yang bisa dicoba untuk lebih mengerti tentang penggunaan kata keterangan ini:

  1. She bought the candle for your birthday. (Dia membeli lilin untuk ulang tahunmu)
  2. They may need to visit their parents every year(Mereka mungkin perlu mengunjungi orang tua mereka setiap tahun)
  3. I’am on my way to Jogja. (saya berada di jalan menuju Jogja)
  4. They always pays the taxes with their cards. (Mereka selalu membayar pajak dengan kartu mereka)
  5. I couldn’t go anywhere during the rain. (saya tidak bisa pergi kemanapun selama hujan)

Perhatikan lima kalimat di atas. Lalu carilah mana yang menjadi adverb phrase. Semua kata keterangan yang dimaksud diletakkan di akhir kalimat. Kalimat pertama menunjukkan kata keterangan penunjuk purpose, kalimat berikutnya menunjukkan keterangan frequency, kalimat ketiga menunjukkan place, kalimat keempat menunjukkan manner, dan kalimat terakhir menunjukkan time. Itulah beberapa latihan untuk mengasah kemampuan mengidentifikasi adverb phrase.

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

 Posted on : May 8, 2015