Categories : Conjunction

 

Dalam kaitannya dengan grammar atau tata Bahasa Inggris, kata conjunction seringkali disebut pula dengan singkatan conj atau cnj. Pada dasarnya, ia merupakan bagian dari ucapan yang menghubungkan kata-kata, kalimat-kalimat, frasa-frasa, atau klausa-klausa. Lebih lanjut, konektivitas wacana merupakan sebuah konjungsi yang berperan dalam menghubungkan antar kalimat satu dengan kalimat lainnya. Sebagai tambahan, sebuah konjungsi seharusnya didefinisikan kembali berdasarkan pada aturan yang berlaku pada tiap-tiap bahasa. Tentunya hal ini berarti bahwa bahasa yang berbeda mungkin juga akan berujung pada perbedaan jenis-jenis kata penghubung.

Pengertian Conjunction Macam-Macam dan Contoh Kalimat

Macam-Macam Conjunction dan Penjelasannya

Pada umumnya, kata penghubung adalah sebuah partikel dalam tata bahasa yang sangat bervariasi. Definisi ini bisa juga diperluas menjadi frasa-frasa idiomatik yang berperan sebagai sebuah unit tertentu dengan fungsi yang sama seperti misalnya pada kata ‘as well as’ dan ‘provided that’. Kata conjunction sendiri bisa jadi ditempatkan pada awal kalimat. Jadi, pengertian conjunction secara sederhana adalah sebuah kata penghubung dalam bahasa inggris, sebuah kata yang menghubungkan bagian-bagian dari sebuah kalimat. Dalam Bahasa Inggris, “conjunctions are joiner which used to join or relate phrases, words, or sentences”.

Conjunction memiliki tiga jenis tipe utama, yaitu: coordinating conjunctions, correlative conjunctions, dan subordinating conjunctions. Berikut penjelasannya:

  1. Coordinating conjunctions ini disebut pula sebagai coordinators yaitu yang mengkoordinasi dan mengatur dua item atau lebih (seperti kata, klausa utama, atau kalimat). Dalam Bahasa Inggris, Anda mengenal beberapa kata dalam coordinating conjunctions dengan singkatan FANBOYS yang meliputi for, and, nor, but, or, yet, dan so.
  2. Correlative conjunctions bekerja secara berpasangan untuk menggabungkan kata-kata atau kelompok kata dalam sebuah kalimat. Mereka termasuk beberapa kata seperti not only..but also, both..and, either..or, neither..nor, whether..or, just as..so, as..as, no sooner..than, rather..than.
  3. Subordinating conjunctions atau yang populer disebut sebagai subordinators adalah kata penghubung yang menghubungkan dependent clause dan independent clause. Dalam Bahasa Inggris, contoh kata yang termasuk dalam subordinating conjunctions adalah as, although, as far as, after, as if, as though, as long as, because, as soon as, before, even though, every time, even if, so, so that, in order that, since, though, than, until, unless, whenever, when, whereas, while, where, whenever, dan lain sebagainya.

Contoh Kalimat Conjunction dalam Penggunaannya

Tentu saja penggunaan masing-masing dari kata-kata tersebut akan berbeda-beda tergantung pada konteks kalimat yang mengikuti. Berikut dapat Anda lihat beberapa contoh kalimat conjunction:

  1. And -> mengekspresikan dua ide yang tidak bertolak belakang
    (They gamble and they smoke)
  2. Yet -> mengekspresikan sesuatu yang kontras atau pengecualian
    (They gamble, yet they don’t smoke)
  3. Both -> (Both the cross country team and the swimming team are doing well)
  4. Just as ->  (Just as many Americans love basketball, so many Canadians love ice hockey)
  5. No sooner -> (No sooner did she learn to ski, than the snow began to thaw)
  6. So -> (So the inquiries can coexist, though there is much overlap between them)
  7. As soon as -> (As soon as you get there, the movie will be played)

Contoh Soal Conjunction

Dan untuk memperjelas mengenai pengertian conjunction, maka berikut adalah beberapa contoh soal conjunction beserta penjelasan detilnya yang dapat Anda gunakan sebagai bahan latihan.

  1. David wants to play ….. Real Madrid, …… he has had trouble with his tendon
  2. Hartford is a rich city ….. suffers from many symptoms of urban blight
  3. You must study hard for this exam …. you can fail
  4. That is ….. what I said …. what I meant
  5. ……. he loved acting, he refused to give up his dream of being in the movies

Kalimat pertama menjelaskan tentang sesuatu yang tidak terjadi sesuai dengan harapan, jadi jawaban yang benar adalah ‘for’ dan ‘but’. Lalu pada kalimat kedua, ia tampak menyatakan tentang adanya elemen yang mengejutkan jadi jawaban ‘and’ atau ‘yet’ dapat digunakan. Kemudian pada kalimat ketiga harusnya menggunakan ‘or’ karena ia menyatakan adanya sebuah kemungkinan yang dapat tercapai. Sedangkan kalimat keempat dapat diisi dengan kata ‘neither’ dan ‘nor’. ‘Nor’ tidak dapat berdiri sendiri, karena itu ia haruslah dipasangkan dengan ‘neither’ agar menjadi kalimat yang jelas dan bermakna. Hal ini tentunya berbeda dengan penggunaan kata ‘either’ dan ‘or’ dimana masing-masing dari kata-kata tersebut dapat memiliki arti sendiri-sendiri ketika tidak dipasangkan. Sementara itu kalimat terakhir harusnya diisi dengan kata ‘because’ karena ia berada di awal dependent clause yang sekaligus merupakan penghubung antara dependent clause dengan kalimat selanjutnya. Dengan adanya kata ‘because’ maka keseluruhan kalimat jadi dapat tersambung dengan baik dan memiliki makna yang jelas. Jadi sekarang jelaslah bagaimana penggunaan conjunction dalam sebuah kalimat.

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

 Posted on : April 30, 2015