Categories : Pronoun

 

Dalam bahasa Indonesia, Anda mengenal pronoun sebagai kata ganti atau dengan kata lain merupakan kata yang digunakan untuk menggantikan noun (kata benda). Ia dapat berupa benda, orang, tempat, hewan, atau bahkan bisa berupa konsep abstrak. Lebih lanjut, kata ganti benda ini dapat dikatakan merupakan satu diantara delapan jenis part of speech. Adapun kata ganti benda ini memiliki banyak sekali jenis dan penggunaan masing-masing jenis itupun berbeda-beda. Dalam bahasa Inggris, “a pronoun is used in place of a noun or nouns, and often it also takes the place of a particular noun (antecedent) which ‘refers to’ or directs to the thoughts toward”.

Pengertian dan Contoh Kalimat Pronoun

Jenis-jenis Pronoun

  1. He spends ages to learn more about English. (Dia menghabiskan usianya untuk belajar banyak tentang Inggris)
  2. The red basket is mine. (Keranjang merah itu adalah milikku)
  3. These are hilarious cartoons. (Ini adalah kartun yang riang)
  4. What on earth is that? (Apakah yang ada diatas bumi itu?)
  5. You should bring the book that you love most. (Kamu seharusnya membawa buku yang paling kamu suka)

Berikut ini adalah macam-macam pronoun beserta contoh kalimat dan penjelasan singkatnya. Pertama adalah personal pronoun. Dalam kaitannya dengan pengertian pronoun, personal pronoun ini adalah kata ganti untuk orang, hewan, benda, atau hal secara spesifik seperti misalnya ‘Yours in on the table’ (‘yours’ menggantikan kata ‘your book’). Lalu ada demonstrative pronoun dimana kata ganti ini menggunakan parameter jumlah dan jarak. Misalnya, ‘This is the most interesting song I have ever heard’. Kemudian ada interrogative pronoun yang sering digunakan untuk mengajukan pertanyaan misalnya: ‘Who is that girl?’.

Selanjutnya ada relative pronoun yang digunakan untuk menerangkan relative clause yang menerangkan kata benda, seperti pada kalimat: ‘The packet, which was sent a month ago, has received two days ago’. Lalu ada pula indefinite pronoun untuk menggantikan orang, benda, hewan, atau hal yang tidak spesifik seperti pada kalimat: ‘You did everything right’. Berikutnya ada reflexive pronoun untuk menyatakan bahwa subyek menerima aksi dari verb misalnya adalah: ‘I’m going to buy myself a new shirt’. Selanjutnya adalah intensive pronoun yang digunakan untuk memberikan penekanan pada kata benda yang mendahuluinya. Contohnya adalah: ‘I myself promise not to corrupt the project’. Dan akhirnya ada reciprocal pronoun yang digunakan ketika ada dua atau lebih subjek yang melakukan aksi yang sama satu sama lain, misalnya: ‘They love each other’.

Contoh Kalimat Pronoun dalam Penggunaan

Selain jenis-jenis pronoun di atas tersebut, adapula jenis lainnya yaitu expletive pronoun. Kata expletive berarti adalah empty words. Atau dengan kata lain, ia adalah kata-kata yang tidak menambah arti. Namun demikian, ia sangat berguna dalam memberikan unsur penekanan pada bagian tertentu suatu kalimat. Pada intinya, expletive construction dapat dibentuk dari kata ‘there/it’ yang digunakan bersama dengan verb be. Contoh kalimatnya yaitu ‘there is no food in my house’ atau ‘It was easy to meet her’. Untuk lebih jelasnya, berikut adalah beberapa contoh kalimat pronoun yang sering digunakan.

Contoh Soal Pronoun

Setelah Anda mengetahui dan memahami beberapa jenis pronoun, ada baiknya jika Anda mengerjakan beberapa contoh soal pronoun berikut ini. Hal ini bertujuan untuk memperkaya kemampuan Anda mengenai kata ganti benda.

  1. ……. Smells good
  2. ……. Like salsa and their chips
  3. I learned a lot about …….. at summer camp
  4. The queen ……. visited our class yesterday

Kalimat pertama dan kedua merupakan kategori indefinite pronoun karena mengandung kata yang tidak spesifik. Pada kalimat pertama jawaban yang tepat adalah ‘something’, sedangkan pada kalimat kedua adalah ‘many’. Selain kata-kata tersebut, indefinite pronoun termasuk kata-kata lain seperti any, both, all, few, everyone, none, several, somebody, nothing, some, dan lain sebagainya. Lalu kalimat ketiga merupakan bentuk reflexive pronoun yang mengacu kembali pada subyek dari kalimat. Maka jawaban yang benar adalah ‘myself’ yang mengacu pada subjek ‘I’. Atau dengan kata lain, ‘myself’ disini menekankan kata ‘I’. Sedangkan kalimat terakhir menggambarkan adanya penekanan pada kata benda sebelumnya, yaitu ‘herself’. ‘Herself’ disini menekankan pada subjek di depan kalimat yaitu ‘the queen’.

Sebagai informasi tambahan, kata ganti ini bisa juga digunakan setelah preposisi seperti contohnya pada kalimat: ‘He is waiting for me’ atau pada kalimat ‘Why are you looking at her?’. Dengan melihat pada beberapa contoh kalimat tentang kata ganti di atas, tentunya sekarang Anda telah mengerti dan memahami bahwa meskipun namanya mengandung ‘noun’ namun tidak selalu hanya merujuk pada kata ganti benda, namun bisa jadi merujuk pada kata ganti orang, hewan, maupun hal-hal yang berkonsep abstrak. Beberapa kata ganti ini tidak hanya merujuk pada sesuatu yang spesifik, namun juga sesuatu yang sifatnya umum dan tidak spesifik. Tentunya, selama Anda mengerti dan memahami arti kata serta konteks kalimat yang tepat, Anda tidak akan menemui kesulitan yang berarti ketika berupaya mempelajari tentang pronoun.

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

 Posted on : May 2, 2015