Categories : Adjective

 

Pengertian Degree of Comparison, Contoh Kalimat dan Soal

Saat mendengar kata degree of comparison, yang teringat oleh sebagian siswa ialah membandingkan antara satu dengan lainnya. Dalam Bahasa Inggris, ada tingkatan untuk membandingkan suatu object, subject atau predikat. Contohnya dalam Bahasa Indonesia ialah Toni kuat, tapi Bona lebih kuat, dan Vivi sangat kuat. Pada kalimat ini disebutkan Toni memang kuat, namun ada yang lebih kuat dari Toni, yaitu Vivi. Inilah yang dimaksud tingkatan dalam perbandingan. Membandingkan sesuatu memang wajar dan sering muncul dalam percakapan sehari-hari. Itulah sebabnya, kata-kata untuk membandingkan sesuatu ialah sesuatu yang harus dipelajari dalam Bahasa Inggris.

Tingkatan perbandingan biasanya muncul karena ada kata sifat dalam kalimat. Lebih jelasnya pengertian degree of comparison ialah tingkatan perbandingan yang dilakukan terhadap kata sifat. Ada 3 jenis degree of comparison yang dipelajari dalam Bahasa Inggris, yaitu:

  1. Positive Degree
  2. Comparative Degree
  3. Superlative Degree

Pada positive degree, baru akan dikenalkan kata sifat yang akan dibandingkan. Setelah masuk ke tahap comparative degree, maka akan ada penambahan akhiran –er atau –r diakhir kata sifat dan juga kata than sebagai ciri untuk membandingkan dengan kata sifat di positive degree. Selain itu, ada juga jenis comparative degree yang menggunakan awalan more yang diletakkan sesudah to be. Pada superlative degree, kata sifat akan ditambahkan akhiran –st, -est, atau awalan kata most sebagai yang paling baik di antara semua tingkatan perbandingan.

Jenis dan Contoh Degree of Comparison

Di sekolah, para siswa belum akan diajarkan tentang degree of comparison. Ada tahap-tahap yang harus dilalui sampai bisa mempelajari tingkatan perbandingan. Selain itu, waktu yang terbatas menjadi kendala para siswa untuk memahami Bahasa Inggris dengan baik, jadi sebagian di antara mereka memilih mengikuti kursus atau belajar secara otodidak lewat media digital atau buku Bahasa Inggris.

Belajar Bahasa Inggris menjadikan siswa harus tahu bagaimana cara membuat kalimat. Setelah membaca pengertiannya, maka untuk selanjutnya siswa akan belajar membuat kalimat sendiri dari tingkatan perbandingan. Berikut ialah contoh kalimat degreee of comparison:

  1. Positive Degree
    Ialah tingkat perbandingan untuk menyatakan kata sifat apa adanya dan tidak dilebih-lebihkan.
    Rumusnya ialah : [ as + Adjective + as ]
    – Dana is as handsome as his brother. (Dana setampan saudara laki-lakinya)
    – Tina is as clever as Ajeng. (Tina secerdas Ajeng)
  2. Comparative Degree
    Adalah tingkat perbandingan yang menyatakan bahwa suatu benda lebih baik dari lainnya. Artinya, comparative degree dipakai untuk membandingkan dua orang atau benda yang tidak sama.
    Rumusnya ialah : [ Comparative + than ]
    – Dana is more handsome than his brother. (Dana lebih tampan daripada saudara laki-lakinya)
    – Tina is more clever than Ajeng. (Tina lebih cerdas daripada Ajeng)
    – Vegetables are cheaper than meats. (Sayuran lebih murah daripada daging)
    – Richie is richer than me. (Richie lebih kaya daripada saya)
    Ketika menghadapi kata sifat yang memiliki lebih dari dua suku kata seperti pada contoh ha-nd-so-me, maka digunakan awalan more sesudah to be dan setelah kata sifat diletakkan kata than sebagai perbandingan. Tetapi jika hanya menghadapi satu atau dua suku kata, maka digunakan comparative dengan akhiran –er atau –r seperti pada contoh cheaper dari kata cheap.
  3. Superlative Degree
    Adalah degree of comparison yang digunakan untuk menyatakan benda atau orang tersebut paling baik di antara semuanya.
    Rumusnya ialah : [ To be + the + superlative ]
    – Mara is the happiest women in the world, cause she has marrying the prince. (Mara adalah wanita paling bahagia di dunia, karena telah dinikahi seorang pangeran)
    – The most important thing in your life is happiness. (Hal yang terpenting di hidupmu adalah kebahagiaan)

Superlative degree yang memakai akhiran –st digunakan ketika kata sifatnya tidak lebih dari satu atau dua suku kata, sedangkan awalan most dipakai jika kata sifat memiliki lebih dari dua suku kata. Semuanya diawali dengan preposisi the sebagai tanda untuk superlative degree.

Contoh Soal Degree of Comparison

Tingkat perbandingan sering ada pada test atau ujian Bahasa Inggris setingkat TOEFL, seperti:

Complete these sentences with appropriate degree of comparison!

  1. Lay’s doll is ……..Clara’s doll (as expensive as, more expensive)
  2. My father is 57 years old. My mother is 60 years old. So my mother is….. than my father. (old, older)
  3. She is a good singer, but his sister is……. than her. (well, better)
  4. Bambang is the……… guy in our class. (more handsome, most handsome)
  5. Cheetah is the…… runner among all animals. (faster, fastest)

Jawaban untuk soal pertama ialah as expensive as, karena berarti boneka Lay sama mahalnya dengan Clara. Untuk jawaban soal kedua, adalah older, karena Ibu lebih tua dari Ayah. Ketiga ialah better, karena comparative degree untuk good ialah better bukan gooder. Soal yang ketiga, jawabannya most handsome, karena ada kata depan the yang merupakan ciri dari superlative degree. Yang terakhir ialah the fastest.

Soal-soal degree of comparison lainnya dapat ditemukan lewat website-website Bahasa Inggris.

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

 Posted on : May 19, 2015