Categories : Pronoun

 

Pengertian Demonstrative Pronoun Contoh Kalimat dan Soal

Mempelajari dan memahami pronoun bisa jadi sedikit membingungkan dan cukup memusingkan, karena ada banyak pengertian dan jenis-jenis pronoun seperti misalnya demonstrative pronoun. Mereka terdiri dari banyak sekali kategori yang berbeda-beda serta berbeda-beda penggunaan dalam kalimat. Sebagai salah satu bagian dari ucapan, ada beberapa cara yang dapat ditempuh agar tidak lagi mengalami kebingungan mengenai jenis-jenis pronoun. Diantaranya dengan memahami pengertian, rumus, penggunaan dan perbedaan masing-masing pronoun, serta dari contoh-contoh kalimat.

Dan sampailah Anda pada apa yang dimaksud dengan demonstrative pronoun itu? Pengertian demonstrative pronoun adalah kata ganti yang menggunakan parameter/ukuran jumlah (number) dan jarak (distance). Dalam Bahasa Inggris pronoun ini takes the place of the noun phrase and used to modify noun. Adapun noun yang digantikannya pada umumnya berupa benda, namun tidak menutup kemungkinan menggantikan orang atau hewan atau hal abstrak. Kata ganti yang dimaksud terdiri dari this (singular), that (singular), these (plural), dan those (plural).

Rumus dan Contoh Demonstrative Pronoun

Demonstrative pronoun ini dapat dikatakan sama persis dengan demonstrative adjective. Parameter jumlah dan jarak yang dimaksud adalah bahwa ‘this’ adalah penanda jumlah singular dan jarak dekat, ‘that’ adalah penanda jumlah singular dan jarak jauh, sedangkan ‘such’ adalah penanda jumlah singular namun jarak bisa berarti objek yang dekat atau jauh. Sementara ‘these’ adalah penanda jumlah plural dan jarak dekat, dan ‘those’ merupakan penanda jumlah plural dan jarak yang jauh.

Berikut adalah beberapa contoh kalimat demonstrative pronoun:

  1. This is my best friend (mengarah pada orang)
  2. Is this your notebook? (mengarah pada benda)
  3. That is a good idea (mengarah pada hal yang baru saja didengar)
  4. Those are my cousins (mengarah pada orang)

Meskipun demonstrative pronoun (DP) hampir identik dengan Demonstrative Adjective (DA), namun keduanya memiliki peran yang berbeda dalam kalimat. Jika kata ganti demonstrative dapat berdiri sendiri sebagai subjek, maka demonstrative adjective hanya dapat menerangkan noun yang mengikutinya karena ia bertindak sebagai determiner. Perbedaan tersebut dapat dilihat pada contoh kalimat berikut:

  1. I love that (DP) – I love that place (DA) yang menerangkan objek place
  2. This is delicious (DP) – This food is delicious (DA) yang menerangkan subyek food

Contoh Soal Demonstrative Pronoun

Selanjutnya, sebagai latihan soal, maka berikut adalah beberapa contoh soal demonstrative pronoun:

  1. …….. are ridiculous
  2. ……… belong over there
  3. Is …… right?
  4. …… smells heavenly

Kalimat pertama seharusnya diisi dengan ‘these’ jika objek yang dimaksud dekat dengan si pembicara, dan menggunakan ‘those’ jika objek yang dimaksud berada jauh dalam dimensi ruang dan waktu. Lalu kalimat kedua adalah ‘those’ karena sudah jelas bahwa letak barang yang dimaksud berada jauh (over there). Sedangkan kalimat ketiga jawaban yang benar adalah ‘this’ atau ‘that’ tergantung pada subyek yang dimaksud apakah ia berada dekat atau jauh. Dan jawaban yang tepat pada kalimat terakhir bisa ‘this’ atau ‘that’ tergantung pada jarak subjeknya. Namun tidak mungkin dijawab ‘these’ atau ‘those’ karena kata kerjanya ‘smells’ berbentuk plural, jadi subyek di depannya haruslah bentuk singular. Dalam hal ini, tidak ada rumus khusus mengenai demonstrative pronoun.

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

 Posted on : May 13, 2015