Categories : Sentences

 

Mempelajari Bahasa Inggris tidak sekedar fokus pada 4 skills saja, seperti Listening, Reading, Writing, dan Speaking. Karena setelah ditelusuri lebih lanjut, ada berbagai macam materi yang harus dipahami sebelum masuk pada tingkat empat skills tersebut. contohnya, tenses pada grammar. Materi grammar, sangat penting dalam Bahasa Inggris. Tanpa grammar, siswa tidak dapat memahami kata dalam percakapan listening, membaca teks dalam reading, menulis dalam Bahasa Inggris, bahkan bercakap-cakap memakai Bahasa Inggris. Artikel kali ini akan membahas secara detail mengenai imperative sentence, dari pengertian, contoh kalimat, serta contoh soal dari kalimat imperatif.

Imperative sentence muncul ketika membuat kalimat yang terdiri dari kalimat permintaan, perintah, dan petunjuk. Dengan kata lain, pengertian imperative sentence ialah kata kerja yang digunakan untuk meminta/menyuruh seseorang melakukan dan tidak melakukan sesuatu. Kalimat imperatif contohnya ada pada kalimat perintah (command), petunjuk (direction), dan permintaan (request).

Pengertian Imperative Sentence serta Contoh Kalimat dan Soal

Rumus dan Contoh Imperative Sentence

Sangat mudah untuk mengenali kalimat imperative, jika siswa melihat ada tanda seru berada di akhir kalimat dan menyatakan perintah, tidak salah lagi kalimat tersebut ialah kalimat imperative. Ciri lain dari imperative sentence, yaitu tidak harus menggunakan subject ‘you’, karena sudah jelas kalimat tersebut ditujukan kepada siapa. Lebih jelasnya lihat contoh kalimat imperative sentence:

  • Clean the floor!
  • Consider the flower.
  • May i lean on your shoulder?
  • Turn right, then go straigt and turn left.

Contoh lainnya adalah:

  1. Kalimat Imperative Yang Bersifat Memaksa
    Shut up!
    Get out!
    Akhir kalimat yang memakai tanda seru menyatakan bahwa kalimat perintah (command) tersebut tidak bisa dibantah. Kalimat ini biasanya melibatkan emosi.
  2. Kalimat Imperative Yang Berupa Statement (Pernyataan)
    Let’s have a walk.
    Don’t judge me badly.
    Kalimat yang berupa statement ini sama seperti ketika seseorang meminta pada orang lain agar melakukan apa yang dia suruh tanpa harus memakai kalimat perintah.
  3. Kalimat Imperative Untuk Meminta Pertolongan
    May i ask for your help?
    Can i borrow your pencil?
    Tanda tanya yang berada di akhir kalimat menyatakan bahwa subject meminta tolong dengan cara yang sopan.
  4. Kalimat Imperative Untuk Memberi Petunjuk
    Go straight on, and then turn right.
    Mix the onion with vegetables, add the salt, and sugar.

    Pada Bahasa Inggris, ketika memberikan petunjuk atau arah, maka jarang menggunakan ‘you’. Begitu pada saat seseorang memberikan pengarahan terhadap sesuatu. Contohnya :

Contoh Soal Imperative Sentence

Contoh soal imperative sentence sangat berguna untuk membantu para siswa dalam memahami imperative sentence lebih cepat. Berikut 5 contoh soal dari kalimat imperative:

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

 Posted on : June 2, 2015