Categories : Sentences

 

Pada pembelajaran Bahasa Inggris, ada yang disebut dengan passive sentence atau kalimat pasif. Materi ini ada pada pembelajaran grammar. Saat siswa belajar tentang active dan passive voice, siswa juga akan belajar bagaimana cara membuat kalimat pasif dengan rumus yang telah diberikan. Pada kalimat pasif, biasanya kalimat ini dibuat dengan kata kerja, dimana subject tidak menunjukkan sebuah kegiatan atau aksi. Subject pada kalimat pasif berperan sebagai recipient atau penerima aksi.

Pengertian Passive Sentence serta Contoh Kalimat dan Soal

Rumus dan Contoh Passive Sentence

Passive sentence terdiri dari subjek, predikat dan juga object. Lebih jelasnya pengertian passive sentence ialah sebuah kata kerja yang tidak menunjukkan aksi dan hanya bertindak sebagai penerima aksi atau recipient action. Lihat contoh di bawah ini:

  • The bike was stolen by the thief. (sepeda itu dicruri oleh pencuri)
  • The floor was cleaned by Paula. (lantai itu dibersihkan oleh Paula)

Contoh kalimat passive sentence di atas menyatakan bahwa sepeda telah dicuri oleh pencuri. Dalam hal ini pencuri yang sebagai obejct yang melakukan aksi, sedangkan subjectnya yaitu sepeda ialah benda yang dicuri. Begitu pula pada kalimat kedua. Jika masih belum mengerti, lihat contoh lainnya:

  • Reza was driven to the movie. (Reza menyetir mobil ke bioskop)

Pada kalimat ini, Reza tidak menyetir untuk pergi ke bioskop, karena seseorang yang telah melakukan aksi tersebut untuknya. Ciri passive sentence ialah terdapat kata ‘by’ setelah kata kerja. Tetapi ada juga kalimat pasif yang tidak memakai kata ‘by’ seperti contoh ketiga. Selain kata ‘by’, dalam kalimat pasif, menggunakan kata kerja bentuk ketiga serta ada kalimat bantu berupa to be. Berikut rumus kalimat aktif dan pasif untuk beberapa tenses dan contoh kalimatnya:

  1. Simple Present Tense
    S + Verb1 (s/es) —– i cook the fish. (Aktif)
    Object + To be (are/am/is) + Verb3 + Subject —– the fish is cooked by me. (Pasif)
  2. Simple Past Tense
    S + Verb2 + Object ——– she washed the car (Aktif)
    Object + To be (was/were) + Verb3 + Subject ——– the car was washed by her (Pasif)
  3. Present Continuous Tense
    S + To be (are/am/is) + Verb-ing —— they are studying English lesson. (aktif)
    O + to be (are/am/is) + being + Verb3 —– English lesson were being studied by them.

Contoh Soal Passive Sentence

Untuk melatih kemampuan serta pemahaman terhadap kalimat pasif, di bawah ini ada contoh soal dari passive voice:

Untuk jawaban terakhir, kata here menyatakan tempat di mana subject berbicara Bahasa Inggris. Passive sentence digunakan dalam kalimat untuk menyatakan apa yang dilakukan subject, menyatakan apa yang terjadi pada seseorang atau sesuatu, saat tidak tahu siapa yang melakukan aksi atau kegiatan, dan ketika menyatakan bahwa ada peristiwa yang lebih penting daripada mengetahui siapa yang melakukan.

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

 Posted on : June 3, 2015