Categories : Pronoun

 

Pengertian Relative Pronoun serta Contoh Kalimat dan Soal

Ketika berbicara mengenai pronoun, hal pertama yang ada di pikiran setiap orang adalah mengenai kata ganti benda dan diantara sekian banyak macam-macam pronoun, relative pronoun merupakan salah satu yang paling sering digunakan dalam berbagai tes misalnya tes TOEFL. Pada dasarnya, jenis kata ganti relative ini dapat berfungsi sebagai subjek, objek, maupun possessive. Lebih lanjut ia juga tidak mewakili number (baik singular maupun plural) dan gender (male atau female) serta posisi-posisi tersebut.

Maka pengertian relative pronoun adalah kata ganti untuk membentuk relative clause atau subordinate clause yang menerangkan kata benda pada suatu klausa utama yang terdapat dalam sebuah kalimat kompleks. Sebagai panduan dasar, relative pronoun ini meliputi kata-kata seperti who, whom, whose, which, that. Sedangkan indefinite relative pronoun dapat ditemukan dalam bentuk tambahan suffix –ever termasuk whoever, whomever, dan whichever. Jenis kata ganti relative ini tidak dapat berdiri sendiri, melainkan ia merupakan bagian dari relative clause yang terdapat di dalam sebuah kalimat kompleks.

Dalam pengertian Bahasa Inggris, ia seringkali disebut sebagai “a pronoun that introduces a relative clause because it relates to the word that its relative clause has modified”. Maka jelaslah bahwa relative pronoun ini merupakan bagian dari sebuah kalimat kompleks dimana ia merupakan gabungan dari kalimat utuh (independent clause) dan relative clause.

Rumus dan Contoh Relative Pronoun

Rumusnya yaitu: relative clause = relative pronoun +/- Subject + Verb DAN complex sentence = independent clause + relative clause.

Berikut adalah beberapa contoh kalimat relative pronoun untuk memperjelas penggunaannya dalam sebuah kalimat.

  1. The boy who is playing football on the yard is my cousin. (anak laki-laki yang sedang bermain sepakbola di lapangan itu adalah sepupuku)
  2. The table which was made of oak wood has broken. (meja yang terbuat dari kayu ek telah rusak)
  3. He is the one for whom I am waiting. (Dia adalah seseorang yang saya tunggu)
  4. Cats that live in the wild may have better immune system. (Kucing-kucing yang hidup di alam liar mungkin punya daya tahan yang lebih baik)

Dalam kalimat-kalimat tersebut di atas dapat dilihat bahwa bentuk-bentuk relative pronoun seperti who, which, dan that merupakan subyek dari verb (playing football, made, dan live) dan whom merupakan object of preposition ‘for’ serta membentuk relative clause yang menerangkan (the boy, the table, he, dan cats).

Contoh Soal Relative Pronoun

Selanjutnya, agar Anda lebih mengerti dan memahami kapan harus menggunakan who, whom, whose, dan which atau that, maka berikut adalah beberapa contoh soal relative pronoun untuk diperhatikan dengan lebih seksama.

  1. I looked for the man ….. borrowed me money
  2. He always eats bread …… he likes
  3. I talked to the girl ….. car had broken down in front of the shop
  4. The laptop ….. I bought three years ago is still working properly
  5. The team ….. you were watching has won five gold medals

Kalimat pertama seharusnya diisi dengan pronoun ‘who’ dimana who merupakan subjek dari verb ‘borrowed’ serta membentuk relative clause yang menerangkan ‘the man’. Lalu kalimat kedua harusnya adalah pronoun ‘whichever’ dimana whichever merupakan objek dari verb ‘likes’ serta membentuk relative clause yang menerangkan direct objeck ‘bread’. Pada kalimat ketiga adalah pronoun ‘whose’ karena ia menyatakan kepemilikan terhadap benda (car) yang diterangkan pada bagian klausanya.

Kemudian jawaban yang benar pada kalimat keempat adalah pronoun ‘that’ dimana that merupakan subjek dari verb ‘bought’ serta membentuk relative clause yang menerangkan ‘the laptop’. Dan jawaban paling tepat pada kalimat terakhir adalah relative pronoun ‘whom’ karena whom merupakan objek dari verb ‘watching’ serta membentuk relative clause yang menerangkan ‘the team’. Penggunaan ‘that’ dan ‘which’ hampir sama, namun ‘that’ cenderung lebih informal bila dibandingkan dengan ‘which’.

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

 Posted on : May 11, 2015