Categories : Present Tense

 

present perfect continuous tense

Kalimat Present Perfect Continuous Tense digunakan untuk menyatakan sesuatu yang sudah sejak lama dimulai tapi masih berlangsung hingga saat ini. Bentuk dari kalimat ini selalu memiliki ciri istimewa, yaitu dengan menggunakan kata keterangan waktu. Misalnya “sejak.., sebelum.., dan sebagainya”. Kalau dalam sebuah kalimat tidak ditemukan kata-kata tersebut, maka dipastikan bahwa kalimat tersebut bukanlah yang kita maksudkan. Jadi, cara untuk mengenali pengertian Present Perfect Continuous Tense pun akan sangat mudah karena selalu dilengkapi dengan kata penunjuk atau keterangan waktu. Selain, itu karakter lainnya adalah ungkapan kalimat ini yang pada dasarnya masih punya dampak hingga saat ini, atau setidaknya relevan dengan situasi di saat konteks kalimat tersebut diucapkan. Kalimat ini juga memiliki keterangan durasi dari konteks yang sedang disampaikan.

Rumus Present Perfect Continuous Tense

Meskipun model kalimat ini sangat mudah untuk dikenali, banyak juga yang kurang tahu atau tidak sadar dengan penggunaannya. Oleh karena itu, cara untuk mengenali Present Perfect Continuous Tense bisa dengan membaca atau mendengarkan sebuah kalimat, lalu memastikan bahwa kalimat tersebut mengandung kata keterangan atau penunjuk waktu. Misalnya, “For hours, she has been waiting for you.” Dari kalimat tersebut, kita bisa langsung mengetahui bahwa kalimat tersebut memang Present Perfect Continuous Tense karena dari awal sudah dijelaskan kalau “for hours (selama berjam-jam)”. Artinya, dia masih menunggu ketika kalimat tersebut diucapkan.

Langsung saja kita masuk ke RUMUS Present Perfect Continuous Tense. Sama seperti tiga model kalimat umum yang kita gunakan dalam Bahasa Inggris, kita akan mempraktikkannya dalam Kalimat Positif, Kalimat Negatif, dan Kalimat Interogatif.

  • Rumusan Kalimat Positif:
    S + has/have + been + verb1-ing + Object + Time signal
    Contoh: They have been studying together since 2010.
  • Rumusan Kalimat Negatif:
    S + has/have + not + been + verb1-ing + Object + Time signal
    Contoh: They have not been studying together since 2010.
  • Rumusan Kalimat Interogatif:
    Has/have + S + been + Verb1-ing + Object + Time signal
    Contoh: Have they been studying together since 2010?

Kata have dalam Present Perfect ContinuousTense digunakan untuk subject I, You, We, dan They. Sedangkan kata has dipakai untuk subject He, She, dan It.

Time signal (keterangan waktu) dalam Present Perfect Continuous Tense, yaitu For (selama) dan since (sejak).

Sangat mudah bukan? Anda bisa menggunakan beberapa konteks kalimat lain yang sekiranya sesuai untuk model kalimat Present Perfect Continuous Tense tersebut. Dari beberapa rumusan di atas, Anda sebenarnya sudah bisa langsung mengetahui mana contoh kalimat Present Perfect Continuous Tense yang tepat. Namun, mungkin ada sedikit masalah ketika Anda sama sekali merasa tidak menemukan kata penunjuk keterangan sehingga cukup membingungkan atau tidak bisa membedakan kalimat tersebut. Memang, tidak semua kalimat ini menggunakan kata penunjuk waktu secara terang-terangan. Yang dimaksud dengan kata penunjuk waktu yang terang-terangan adalah keterangan tahun, jam, durasi, dan sebagainya. Namun, keunikan dari kalimat ini adalah penggunaan ungkapan waktu. Untuk lebih jelasnya, bisa kita amati dari contoh di bawah ini:

He has been watching movies too much lately.

Recently, I have been feeling very annoyed.

Dua kalimat di atas tentu saja tidak menggunakan kata keterangan atau penunjuk waktu yang lazim seperti jam, hari, atau tahun. Namun, dari dua kalimat di atas, kita bisa memahami kalau konteksnya sudah terjadi beberapa waktu yang lalu dan sampai sekarang masing terjadi. Di kalimat pertama, dijelaskan kalau dia sudah menonton banyak film akhir-akhir ini. Artinya, hingga saat ini, ia masih menonton banyak film. Begitu juga dengan kalimat kedua, kalimat ini menjelaskan kalau subjek merasa sangat kesal akhir-akhir ini. Artinya, ia masih merasa sangat kesal ketika mengucapkan kalimat tersebut. Meskipun tidak ada kata keterangan penunjuk waktu yang jelas, namun dari dua kalimat di atas kita akan langsung paham kalau itulah kondisi Present Perfect Continuous Tense. Suatu keadaan yang masih berlangsung sejak beberapa waktu yang lalu. Untuk lebih memudahkan dalam memahami konteks dan menguraikan beberapa kalimat, Anda bisa berlatih dengan menjawab contoh soal berikut ini.

  1. Mereka sudah bermain sepakbola sejak siang hari.
  2. Berapa lama Anda mengoleksi buku?
  3. Anita sudah bermain kartu sejak dia masih kecil.
  4. Saya sudah menonton serial ini sejak jam tujuh pagi.
  5. Berapa lama kamu mempelajari permainan ini?

Cobalah untuk menerjemahkan beberapa kalimat di atas. Semuanya merupakan contoh dari ungkapan hal yang masih berlangsung sejak sekian lama. Jika masih mengalami kesulitan, lihat lagi rumusan dari kalimat tersebut dan buka kamus. Penggunaan Verb juga harus mendapatkan perhatian lebih. Supaya tidak mengalami kesalahan dalam menempatkan akhiran –ing. Jika sudah bisa menerjemahkan kelima kalimat di atas dengan tepat, mulailah kembali dengan membuat kalimat-kalimat baru atau dengan mengambil contoh dari pengalaman Anda sendiri. Gunakan pada tingkatan yang lebih kompleks dan niscaya Anda akan semakin menguasai praktik Present Perfect Continuous Tense.

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

 Posted on : September 3, 2013