Sentence atau kalimat merupakan bagian terpenting dalam Bahasa Inggris. Sentence merupakan kumpulan dari beberapa kata dengan rangkaian tertentu yang membentuk satu kesatuan utuh dan memberikan makna yang jelas serta menunjukkan suatu ide pembicara. Sentence dalam Bahasa Inggris, sekurang-kurangnya harus mengandung subject dan juga verb, atau subyek dan predikat. subyek merupakan topik yang dibicarakan, dapat berupa orang, hewan ataupun benda, secara umum, subyek dalam kalimat dikenal sebagai “pelaku”. Predikat adalah suatu hal yang menerangkan subyek dalam kalimat, atau dapat dikatakan, suatu hal yang dilakukan oleh perlaku (subjek).

Sentence Berdasarkan Penggunaannya

Berdasarkan penggunaannya, dibagi menjadi empat kategori utama, yaitu: Declarative sentence, Imperative sentence, Interrogative sentence, Exclamatory sentence. Berikut penjelasan terperinci serta masing-masing contoh dari jenis sentence tersebut.

Declarative sentence

Declarative sentences merupakan tipe kalimat untuk memberikan pernyataan, dapat berupa fakta ataupun opini, kalimat deklarasi ini biasanya diakhiri dengan tanda titik. Contoh dari kalimat declarative ini antara lain:

  • Her new car is the newest models. (mobil barunya adalah model terbaru)
  • Lake Toba is located on North Sumatra, Indonesia. (danau Toba berada di Sumatra utara, Indonesia)

Imperative sentence

Imperative sentence merupakan kalimat untuk membuat permintaan, memberikan petunjuk atau perintah secara halus. Dalam penulisan, biasanya diakhiri dengan tanda seru atau diakhiri dengan tanda titik. Berikut contohnya:

  • Please go to the next cashier. (tolong ke kasir berikutnya)
  • Please put your wet umbrella on this basket. (Tolong letakkan payung basahmu di keranjang)

Interrogative sentence

Interrogative sentence merupakan kalimat yang digunakan untuk memberi pertanyaan, biasanya kalimat ini diakhiri dengan tanda tanya. Contoh kalimat interrogative:

  • Are you the member of applied science research group? (apakah kamu anggota dari kelompok penelitian ilmu terapan?)
  • Do you have any questions? (apakah kamu punya beberapa pertanyaan)
  • What are you doing during this long vacation? (Apa yang kamu lakukan selama liburan panjang ini?)
  • Who are they? (siapakah mereka?)
  • Why do you like chocolate as that much? (mengapa kamu sangat suka coklat?)

Exclamatory sentence

Exclamatory sentence merupakan kalimat seruan yang menyatakan perasaan yang kuat. Sebagai kalimat seruan, Exclamatory sentence biasanya diakhiri dengan tanda seru. Berikut beberapa contoh kalimat exclamatory:

  • What a beautiful beach! (betapa indanya pantai ini)
  • They are twins, but their character exactly opposite! (mereka kembar, tapi sifat mereka sangat berbeda)

Dengan adanya penanda serta kegunaan yang berbeda dari setiap jenis sentence diatas, tidaklah sulit untuk menggunakannya dalam kalimat maupun percakapan sehari-hari.

Sentence Berdasarkan Struktur Kalimatnya

Berdasarkan sturktur kalimatnya sentence, dibagi menjadi 4 bagian utama, yaitu simple sentence, compound sentence, complex sentence, dan compound-complex sentence. Keemapt jenis kalimat tersebut sangatlah berbeda dilihat dari pola kalimat dalam penyusunannya. Berikut penjelasan lebih terperinci mengenai perbedaan-perbedaan jenis kalimat tersebut.

Simple sentence

Sesuai namanya, sentence jenis ini merupakan kalmat dengan pola yang paling sederhana, yaitu hanya terdiri dari subyek dan predikat saja. berdasarkan polanya, kalimat paling sederhana ini dibagi lagi menjadi 3 pola yang berbeda. Untuk memahami perbedaan ketiga pola tersebut, perhatikan contoh kalimat dibawah ini:

  • I am a student. (pola 1) (saya adalah seorang murid)
  • She went to the market. (pola 1) (dia pergi ke pasar)
  • She buys a book and some pens. (pola 2) (dia membeli sebuah buku dan beberapa bulpoin)
  • Mona likes reading a comic and write a short story. (pola 2) (Mona suka membaca komik dan menulis cerita pendek)
  • Dea and friend go to the beach. (pola 3) (Dea dan temannya pergi ke pantai)
  • My father and I like fishing. (pola 3) (ayahku dan saya suka memancing)

Dari beberapa contoh diatas, dapat diambil kesimpulan bahwa. Pada simple sentence pola 1, mempunyai struktur yang paling sederhana. Yaitu, hanya terdiri satu atau single objek dan single predikat. Pada simple sentence pola 2, terdapat lebih dari 1 predikat pada satu kalimat. Sedangkan untuk pola 3, terdapat lebih dari 1 subyek pada kalimat yang sama.

Compound sentence

Compound sentence dapat dikatakan sebagai penggabungan dua simple sentence dengan kata penghubung FANBOYS (for, and, nor, but, or, yet, so). Contoh:

  • She likes ice cream, and her sister likes chocolate. (dia suka es krim dan saudara perempuannya suka coklat)
  • I am not a doctor, but I’m a teacher. (saya bukan seorang dokter tetapi saya seorang guru.)

Complex sentence

Complex compound merupakan suatu kalimat yang terdiri dari dua klausa, independent clause dan dependent clause. Klausa merupakan kumpulan kata yang memiliki subyek dan predikat. Independent clause merupakan kumpulan kata yang memiliki subyek dan predikat dan memiliki suatu makna, sehingga bisa berdiri sendiri. Sedangkan dependent clause adalah kumpulan kata yang mengandung subyek dan predikat dan tidak mamiliki makna yang komplit. Sentence structure dari complex sentence ini:

Independent clause  + subordinate conjunction+ dependent clause

Subordinate conjuction yang biasanya digunakan pada complex sentence ini antara lain: although, when, because, until, dan lain sebagainya. Contohnya dalam kalimat bahasa Inggris:

  • After she graduated, she works on car company. (setelah dia lulus, dia bekerja di perusahaan mobil)
  • She was eating, when her sister came. (dia sedang makan ketika saudara perempuannya datang)

Compound-complex sentence

Compound-complex sentence merupakan gabungan dari compound sentence dan complex compound. Sehingga jika dilihat lebih jauh, compound-complex sentence terdiri dari 2 klausa independent, dan 1 klause dependent. Contohnya:

  • When you have free time, you can go to my house and let’s bake a cake. (jika kamu punya waktu luang, kamu bisa pergi ke rumahku dan ayo memanggang roti)
  • She went to the market yesterday, but she didn’t buy fresh milk, because she forgot. (dia pergi ke pasar kemarin tetapi dia tidak membeli susu segar karena dia lupa)

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

 Posted on : January 5, 2016