Categories : Past Tense

 

Ketika Anda mempelajari Bahasa Inggris, tentunya Anda akan menjumpai berbagai bentuk tenses yang wajib diketahui dan dimengerti. Penting artinya untuk memahami berbagai bentuk tenses, namun tentunya bukanlah perkara yang mudah untuk dapat memahaminya. Karena itulah sangat disarankan agar ketika mempelajari satu bentuk tenses, misalnya past tense, haruslah benar-benar mengerti dan paham. Adapun yang dimaksud dengan simple past tense adalah suatu bentuk kata kerja sederhana yang berfungsi untuk menunjukkan bahwa suatu kejadian terjadi di masa lampau dan telah selesai.

Simple Past tense

Pengertian simple past tense sendiri berkaitan dengan bentuk kata kerja sederhana dimana periode waktu di masa lampau dapat disebutkan secara spesifik, misalnya yesterday, last year, two months ago, twenty days ago, dan lain sebagainya. Simple past tense dibentuk dari verb 2 (was, were) atau dengan tambahan –ed, -d, -t, en, -n, dan –ne pada kelompok ‘regular verb’. Contoh kata-kata yang termasuk regular verb misalnya studied, passed, danced, built, beaten. Sedangkan untuk kelompok yang dapat dikategorikan dalam ‘irregular verb’, perubahan bentuk kata kerjanya akan sangat bervariasi dan tidak beraturan. Agar lebih memahami lebih detil, Anda disarankan untuk membaca dan menghafal deretan kelompok kata kerja ‘irregular verb’ dan perubahan bentuknya seperti misalnya, swim – swam.

Selanjutnya, dalam Bahasa Inggris, simple past digunakan untuk mengidentikasi sebuah tindakan yang sudah selesai yang sudah dilakukan pada waktu tertentu di masa lampau. Kata “yang sudah selesai” dan “pada waktu tertentu” adalah kata kunci untuk memahami tense ini, dan yang membedakannya dari tenses lain seperti: Past Progressive (continuous) dan Present/Past Perfect.

Rumus dan Contoh Simple Past Tense

Lebih lanjut berikut adalah rumus simple past tense untuk jenis-jenis kalimat positif, negatif, serta kalimat interogatif.

Positif (+) : S + Verb 2 / S + be (was/were)
Negatif (-) : S + did + not + bare infinitive (verb 1) / S + be (was/were) + not
Tanya (?)   : Did + S + bare infinitive (verb 1) / Was/Were + S

Rumus-rumus tersebut dapat digunakan sebagai rumus dasar dan menjadi patokan utama dalam memahami simple past tense. Ketika Anda melatih kemampuan berbahasa Inggris Anda, maka Anda dapat mulai menerapkan penggunaan rumus tersebut di dalam sebuah kalimat. Berikut adalah contoh kalimat simple past tense yang seringkali muncul dalam soal-soal latihan.

1. The teacher came. (Bapak/ ibu guru datang)
2. I was not a stamp collector. (Saya dulu bukan pengoleksi perangko)
3. Did he come on time yesterday? (apakah dia datang tepat waktu kemarin)

Beberapa contoh kalimat tersebut adalah contoh-contoh kalimat dasar dan sederhana. Kalimat pertama adalah kategori kalimat positif, sedangkan kalimat kedua adalah termasuk dalam kategori kalimat negatif karena ada kata ‘not’ disana. Lalu kalimat ketiga merupakan kategori kalimat interogatif atau kalimat tanya. Khusus pada kalimat tanya, karena sudah menggunakan ‘did’ sebagai penanda masa lampau, maka kata kerjanya (come) tidak perlu menggunakan verb 2.

Indikator yang Menentukan Pentingnya Penggunaan Simple Past

Sebagai informasi tambahan, simple past tidak hanya digunakan untuk mengindikasikan bahwa suatu kejadian atau peristiwa terjadi di masa lampau pada durasi waktu yang spesifik. Namun, untuk kategori simple past yang lebih kompleks, dapat dikatakan bahwa ada beberapa faktor atau keterangan untuk menjelaskan mengapa simple past harus digunakan. Biasanya pada penggunaan yang lebih kompleks ini, simple past dapat digabungkan pemakaiannya dengan past progressive (atau yang lebih dikenal dengan past continuous) yaitu S + was/were + V + ing. Dengan kata lain, penggabungan antara simple past dan past continuous ini dapat dilakukan ketika ada dua kejadian atau peristiwa yang berlangsung dalam waktu yang hampir bersamaan pada masa lampau.

Beberapa keterangan tambahan tersebut menyebutkan bahwa simple past dapat pula digunakan ketika Anda membicarakan mengenai suatu kebiasaan yang terjadi pada masa lampau (when I was a senior high school, I always got up at 5 a.m to study), untuk menunjukkan bahwa ada aksi berdurasi pendek yang terjadi ketika ada suatu aksi berdurasi panjang sedang terjadi (I was reading a book in the library when someone burped out loud), serta untuk menunjukkan bahwa ada suatu aksi yang langsung mengikuti aksi lain yang telah selesai di masa lampau (I had already finished my breakfast when he picked me up).

Selain itu, simple past tense dapat juga digunakan pada kalimat conditional sentence type 2 misalnya I would buy a sport car if I had much money. Namun pada kenyataannya, kalimat tersebut lebih merupakan sesuatu yang dikatakan pada masa lampau tapi tidak terjadi pada masa sekarang. Jadi secara sekilas, hampir mirip dengan penggunaan perfect tense (future tense). Maka dari itu, agar tidak semakin membingungkan, melihat dan mencermati kalimat dengan detail merupakan salah satu kunci untuk menemukan tenses apa yang paling tepat digunakan.

Penjelasan Singkat Mengenai Fungsi Simple Past dan Beberapa Contoh Soal

Sebagai tambahan, dapat dikatakan bahwa ketika suatu kalimat tidak memiliki unsur kata kerja (non verb), maka Anda harus menggunakan to be yang berasal dari verb 2 yaitu was atau were. Jika subject kalimat adalah I/You/They/We, maka Anda harus menggunakan ‘were’. Sebaliknya, jika subjek kalimat menggunakan He/She/It, maka to be yang paling cocok digunakan adalah ‘was’.

Ketika telah memahami dan mengerti mengenai pengertian, rumus, contoh penggunaannya dalam sebuah kalimat, serta fungsinya, maka hal yang wajib dilakukan selanjutnya adalah memperbanyak latihan mengerjakan soal-soal yang berkaitan dengan simple past tense. Semakin banyak porsi latihan soal, akan semakin membuat Anda semakin paham dan semakin mahir dalam memahami simple past. Hal yang sama juga harus diterapkan dalam mempelajari sejumlah tenses lain. Pada dasarnya para ahli dalam bidang Bahasa Inggris tidak akan pernah mungkin dapat mahir menguasai Bahasa Inggris tanpa banyak latihan dan sebagian besar juga karena terbiasa menggunakannya dalam aktivitas sehari-hari. Berikut adalah contoh soal simple past tense dan penjelasannya.

1. George …….. (cook) dinner for his family last Saturday night
2. When Mary ……… (come) home, her husband was cooking dinner
3. While Martha was watching television, John ……… (read) a book
4. At three o’clock this morning, Eleanor …….. (study)

Kalimat pertama dan keempat menunjukkan keterangan waktu yang jelas (Saturday night dan at three o’clock this morning) sehingga harus menggunakan kata kerja bentuk ke-2 (cooked dan studied) karena berlangsung pada masa lampau. Sedangkan kalimat kedua dan ketiga menggunakan past progressive yang mengindikasikan aksi yang terjadi di masa lampau dan diselingi dengan aksi lain dengan durasi pendek yang terjadi hampir bersamaan. Karena itulah digunakan simple past tense menjadi (came dan read).

Contoh Soal Simple Past Tense

Berikut latihan simple past tense bahasa inggris.

Latihan : Terjemahkan kalimat ini kedalam bahasa inggris !

1.Kami menjual sepeda motor kami kemarin
2.Apakah kamu pergi ke luar tadi malam ?
3.Dia tidak datang ke pesta itu minggu lalu
4.Apakah kamu tidur nyenyak tadi malam ?
5.Kami menjual rumah kami di Surabaya tahun lalu.
6.Manajer pemasaran tersebut melakukan penelitian minggu lalu.
7.Apakah perusahaan anda menjual kursi tahun lalu ? Ya.
8.Kapan anda menjalankan usaha anda di Surabaya ? tahun lalu
9.Siapa yang membuat kue itu kemarin ? ibu saya.
10.Apa yang jatuh di jalan kemarin ? Tas saya.

Jika mengalami kesulitan dalam arti saat mengerjakan soal simple past tense kata gunakan kamus bahasa inggris online

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

 Posted on : September 3, 2013