Pengertian Indefinite Pronouns Contoh Kalimat dan Soal

Di antara berbagai macam pronoun, salah satunya adalah indefinite pronouns yang terdiri dari berbagai macam bentuk kata yang meliputi bentuk singular, plural atau bahkan salah satu dari keduanya. Pada intinya, beberapa bentuk dari kata ganti model indefinite ini memiliki bentuk yang hampir identik dengan indefinite adjective, namun mereka memiliki perbedaan dalam penerapan dalam kalimat. Bentuk singular, plural, maupun keduanya memiliki banyak sekali daftar kata.

Pengertian Indefinite Pronouns Contoh Kalimat dan Soal

Rumus dan Contoh Indefinite Pronouns

Kata-kata seperti anything, anybody, everything, everyone, nobody, someone, something, nothing, either, neither, another, little, much, less, one, anyone, dan each merupakan bentuk singular. Sedangkan kata-kata seperti both, several, all, many, few, ones, dan fewer merupakan bentuk plural. Kemudian kata-kata seperti any, none, most, some, dan more dapat digunakan baik sebagai bentuk singular maupun bentuk plural dari indefinite pronouns.

Intinya, pengertian indefinite pronouns adalah kata ganti untuk orang, benda, maupun hal yang secara umum tidak spesifik. Atau dalam pengertian Bahasa Inggris, jenis pronoun ini “does not refer to any specific person, thing, or amount. It is regarded to be not definite which also function as other parts of speech”. Tentunya agar Anda dapat dengan mudah mengerti serta memahami tentang indefinite pronouns ini, berikut ada beberapa contoh kalimat indefinite pronouns:

  1. This photo is amazing. Do you have another?  (Foto ini menakjubkan. Apakah kamu punya yang lain?)
  2. Is there anyone who agrees with feminism?  (Apakah ada orang lain yang setuju dengan fiminisme?)
  3. All have heard the news. (Semua orang telah mendengar beritanya)
  4. Is any safe? (Apakah yang ini aman)

Khusus pada kalimat ketiga dan keempat, ‘all’ sebagai countable noun sedangkan ‘any’ sebagai uncountable noun. Sebagai tambahan, ketika indefinite pronouns dapat digunakan baik pada bentuk singular maupun plural, ada ketentuan bahwa misalnya kata ‘none’, yang ketika digunakan dalam bentuk singular ia akan menjadi singkatan dari ‘no one’. Sedangkan ‘none’ dalam bentuk plural merupakan singkatan dari ‘not any’. Selain itu kata-kata seperti ‘some’, ‘any’, ‘more’, dan ‘most’ digunakan dalam bentuk singular ketika mereka mengacu pada kata ganti berupa uncountable noun, dan digunakan dalam bentuk plural ketika mereka mengacu pada kata ganti countable noun.

Misalnya kata ‘somebody’ atau ‘someone’ yang tidak mengacu pada gender tertentu seringkali diikuti dengan personal pronoun atau reflexive pronoun yang memuat unsur gender. Contoh kalimatnya seperti ‘Someone lost his or her car parked in front of the restaurant last night’. Sebagai solusinya, kata ‘his’ atau ‘her’ tersebut dapat diganti dengan kata ‘their’ atau ‘them’ atau ‘themself’ sebagai gender neuter pronoun.

Singular dan Plural Indefinite Pronouns

Dibawah ini adalah contoh kala singular indefinite pronouns, plural indefinite pronouns, atau keduanya.

Jenis

Kata

Keterangan

Singular Indefinite Pronouns anybody/anyone (siapapun)

everybody/everyone (semua orang, setiap orang)

somebody, someone, one (seseorang)

nobody (tak seorangpun)

anything (apapun)

everything (segalanya)

something (sesuatu)

nothing (tak satupun)

another (tambahan, yang lain)

each (setiap)

either (yang satu atau yang lain)

neither (tidak satupun dari keduanya)

enough (cukup)

little (sedikit)

less (lebih sedikit)

much (banyak)

Anybody, anyone, everybody, everyone, somebody, someone, nobody, adalah kata ganti orang dan merupakan countable nounatau kata benda yang bisa dihitung

Anything, everything, something, nothing adalah kata ganti benda selain orang dan juga merupakan countable noun

Another, each adalah kata ganti yang bisa digunakan untuk orang atau benda lain dan merupakan countable noun

Enough, much, little, less adalah kata ganti benda (bukan untuk orang) dan uncountable noun atau tidak bisa dihitung

Pluran Indefinite Pronouns both (dua-duanya)

several (beberapa)

many (banyak)

few (sedikit)

fewer (lebih sedikit)

ones (yang)

all (semua, seluruh, satu hal)

Adalah kata ganti benda, orang, atau hal umum lainnya.
Singular/Plural Indefinite Pronouns none (tak seorangpun, tidak ada)

some (beberapa)

any (jumlah tidak tentu atau tak terbatas)

more (lebih)

most (mayoritas)

Adalah tunggal ketika mengacu pada benda yang tak dapat dihitung (uncountable noun) dan jamak ketika bendanya dapat dihitung (countable noun).

Jenis Kata Ganti Indefinite Pronouns

Indefinite pronouns tidak selalu merujuk pada seseorang, benda, atau tempat. Ada beberapa kata ganti dalam Bahasa Inggris yang dibentuk dengan menggunakan quantifier atau distributive dan diawali kata any, some, every, dan no. berikut ini adalah beberapa contoh katanya.

  Orang Tempat Benda
Semua Everyone/ everybody everywhere everything
Sebagian (positif) Someone/ somebody somewhere something
Sebagian (negatif) Anyone/ anybody anywhere anything
Tidak ada no one/ nobody nowhere nothing

Contoh Soal Indefinite Pronouns

Untuk pemahaman lebih jelas, berikut ada beberapa contoh soal indefinite pronouns sebagai latihan.

  1. ………. enjoyed the concert. They stood up and clapped
  2. ………. happened
  3. If David can’t come we’ll ask ………. else
  4. ………. was ready for the party

Pada kalimat pertama, seharusnya diisi dengan jawaban ‘everybody’ dan ketika yang dimaksud bahwa kita mengacu pada kata ganti indefinite, maka biasanya kita menggunakan plural pronoun. Kemudian pada kalimat kedua seharusnya adalah ‘nothing’ karena kita tidak pernah menggunakan bentuk negatif dari sebuah klausa dengan ‘nobody’, ‘no one’, dan ‘nothing’.

Selanjutnya kalimat ketiga adalah ‘somebody’ karena kita menggunakan kata ‘else’ setelah indefinite pronouns untuk mengacu pada orang atau benda dalam kaitannya dengan seseorang atau sesuatu yang telah disebutkan sebelumnya. Dan yang terakhir menggunakan ‘everything’ karena yang dimaksud adalah singular verb.

References:

  • Wishon, George E and Julia M. Burks. 1980. Let’s Write English Revised Edition. Litton Educational Publishing, Inc: New York.
  • Susilo, Teguh Handoko, 2014. “Rahasia Memahami & Menguasai Struktur Bahasa Inggris Dalam 30 Hari”. e-Compusoft Jakarta.
  • Azar, Betty Schrampfer. 1999, Understanding and using English Grammar, Third Edition, United State of America: Pearson Education.