Categories : Future Tense

 

Future Perfect Tense

Bagi sebagian orang, belajar Bahasa Inggris merupakan hal yang tidak mudah. Namun, pada dasarnya belajar Bahasa Inggris adalah hal yang sangat mudah dan menyenangkan. Orang-orang yang menganggap belajar Bahasa Inggris adalah hal yang sulit, terkadang dikarenakan mereka terpaku pada grammar dan menganggap grammar adalah aturan bahasa untuk dihafalkan rumusnya. Padahal, grammar tidaklah untuk dihafalkan, tapi dipahami penggunaannya dalam kalimat Bahasa Inggris, dengan begitu, tanpa menghafalkan rumus umumnya pun berbagai macam grammar akan sangat mudah digunakan.

Pada artikel ini, akan dipaparkan secara tuntas mengenai salah satu tense, yaitu future perfect tense. Sebelum menilik lebih jauh mengenai future perfect tense ini, ada baiknya kita memahami dasar dan pengertian future perfect tense. Secara umum, future perfect tense adalah suatu bentuk tense yang menyatakan bahwa suatu aktifitas atau kejadian yang sudah terjadi atau sudah selesai pada suatu titik waktu tertentu di masa depan. Dari pengertian tersebut, dapat dikatakan bahwa, suatu aktifitas yang sudah selesai pada satu suatu waktu di masa depan dapat diuangkapkan dengan kalimat dengan struktur future perfect tense ini. Untuk lebih memperjelas kalimat tersebut, biasanya diberi keterangan waktu tertentu pada kalimat yang bersangkutan.

Rumus dan Contoh Kalimat Future Perfect Tense

Adapun RUMUS future perfect tense,dapat dikategorikan menjadi tiga jenis kalimat yang berbeda, yaitu: kalimat positif, kalimat negatif, serta kalimat tanya atau interogatif. Berikut rumus future perfect tense dengan ketiga type kalimat diatas.

  • Kalimat positif: S + will + have + V-3
    contoh kalimat future perfect tense :
  • The teacher will have come. (Guru akan segera datang)
  • Before her mother comes, she will have finished her homework. (Sebelum ibunya datang, dia akan segera menyelesaikan PR nya)

Keterangan: kalimat (1) merupakan contoh paling sederhana dari future perfect tense, tanpa adanya keterangan waktu yang spesifik. Sedangkan kalimat (2) merupakan contoh yang lebih kompleks, yaitu terdapat keterangan waktu di awal kalimat sebagai penanda bahwa suatu kegiatan akan selesai pada suatu waktu tertentu di masa depan. Jika diartikan dalam Bahasa Indonesia, kalimat (2) dapat diartikan : sebelum ibunya datang, dia akan telah menyelesaikan pekerjaan rumahnya.

  • Kalimat negative: S + will + not + have + V-3
    contoh kalimat future perfect tense :

    • They will haven’t come. (Mereka tidak akan segera datang)
    • By tonight, she will have not arrived on her grandmother’s house. (Malam ini, dia tidak akan segera tiba di rumah neneknya)

Keterangan: kalimat (1) merupakan kalimat future perfect tense, dengan type kalimat negatif. Sedangkan kalimat (2) merupakan kalimat yang lebih kompleks. Pada awal kalimat (2) terdapat keterangan waktu di masa depan yang menandakan suatu aktifitas tidak akan telah selesai pada waktu tersebut (kalimat negatif). Jika diartikan dalam bahasa Indonesia, kalimat (2), dapat diartikan: hingga nanti malam, dia tidak akan telah sampai di rumah neneknya.

  • Kalimat interogatif: will + S + have + V-3
    contoh kalimat future perfect tense :

    • Will she have eaten ? (akankah dia segera makan)
    • How long will it have been since we were together? (Sudah berapa lama waktu sejak kita bersama?)

Keteragan: kalimat (1) merupakan kalimat tanya dari future perfect tense yang paling sederhana, sedangkan pada kalimat (2) bentuknya lebih kompleks.

Contoh Soal Future Perfect Tense

Untuk dapat lebih memahami penggunaan future perfect tense pada ketiga tipe kalimat diatas, sebaiknya banyak berlatik untuk membuat kalimat-kalimat tersebut. jika membutuhkan referensi, dapat dicari beberapa contoh soal yang banyak di posting di blog-blog yang ada di internet. Berikut adalah beberapa contoh soal seputar future perfect tense pada ujian TOELF ataupun tes kemampuan Bahasa Inggris lainnya.

  1. By the end of this month, we ……the project.
    a. Will finish
    b. Will have finished
    c. Finish
    d. Am finishing
    pembahasan: jawaban yang benar adalah (b), karena aktifitas tersebut akan dapat diselesaikan pada suatu titik waktu tertentu di masa depan, sehingga struktur future perfect tense harus digunakan, dengan rumus umum Subject + will + V3
    Jane will have . . . the letter by the time James arrived on her house.
  2. a. Write
    b. been writing
    c. Wrote
    d. Written
    pembahasan: jawaban yang benar adalah (d), dalam Bahasa Indonesia, kalimat tersebut dapat diartikan “Jane akan telah menulis surat saat James datang di rumahnya”. Dengan kata lain, saat James datang (di masa depan), Jane sudah selesai menulis suratnya. Struktur kalimat ini menggunakan furute perfect tense, sehingga kata kerja yang digunakan adalah kata kerja dalam bentuk V3, yaitu Written.
  3. …. Toefl test at the time you finish this English course?
    a. Will take
    b. Will you have taken
    c. take
    d. Am taking
    pembahasan: jawaban yang benar adalah (b), tense yang tepat adalah future perfect tense, dengan rumus kalimat tanya : will + S + have + V-3, sehingga jawaban yangbenar adalah jawaban (b).

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

 Posted on : September 5, 2013