Categories : Past Tense

 

Past Continuous Tense

Bahasa Inggris merupakan bahasa internasional sehingga banyak orang di seluruh dunia yang mempelajari Bahasa Inggris agar mereka dapat berkomunikasi dengan masyarakat dunia. Beberapa negara bahkan menggunakan Bahasa Inggris sebagai bahasa kedua setelah bahasa ibu mereka, seperti misalnya Malaysia dan India. Peran penting Bahasa Inggris dalam bidang perdagangan, ekonomi, politik, maupun dalam hubungan diplomatik antar negara membuat Bahasa Inggris menjadi salah satu mata pelajaran wajib dalam sejumlah kurikulum sekolah di berbagai belahan dunia. Salah satu bidang pembelajaran yang paling vital adalah pembelajaran mengenai tenses yang mencakup beberapa hal seperti simple present tense, simple past tense, present continuous tense, past continuous tense, present perfect, past perfect, dan masih banyak lainnya.

Artikel ini akan membahas detail mengenai past continuous tense. Past continuous seringkali juga disebut sebagai past progressive. Dari namanya, dapat dikatakan bahwa pengertian past continuous tense amat berbeda dengan pengertian dasar dari simple past tense. Dalam Bahasa Inggris, past progressive digunakan untuk mengidentifikasikan (1) peristiawa yang sedang terjadi di masa lampau dan diinterupsi oleh peristiwa lain, (2) dua peristiwa yang terjadi bersamaan pada masa lampau, dan (3) sebuah peristiwa yang terjadi pada waktu tertentu di masa lampau. Pada dasarnya, ada tiga hal pokok yang dapat digunakan untuk mengindikasikan bahwa suatu kejadian atau peristiwa tersebut harus menggunakan bentuk past progressive

Rumus past continuous Tense

Positif (+) Subject + to be (was/were) + verb-ing + object
Negatif (-) Subject + was/were + not + verb-ing + object
Tanya (?)  was/were + subject + verb-ing + object ?

Perlu diingat kembali, 3 hal ini: Pertama, past progressive digunakan untuk mengindikasikan ada sebuah aksi atau peristiwa yang sedang terjadi di masa lampau, dan diinterupsi oleh sebuah aksi atau peristiwa lain dalam waktu yang hampir bersamaan. Kemudian yang kedua, past progressive digunakan untuk mengindikasikan ada dua buah peristiwa atau aksi yang terjadi pada waktu bersamaan pada masa lampau. Dan yang ketiga, past progressive juga digunakan untuk mengindikasikan sebuah peristiwa atau aksi yang sedang berlangsung pada durasi waktu yang jelas pada masa lampau. Adapun rumus past continuous tense yang paling sederhana adalah: S + was/were + (verb + ing) seperti pada kalimat I was studying atau pada kalimat they were coming.

Lebih lanjut, ada beberapa rumus tambahan terkait dengan penjelasan mengenai tiga hal pokok yang menjelaskan penggunaan tenses model ini. Adapun rumus untuk penjelasan poin pertama adalah:

  1. When + subject 1 + simple past tense + subject 2 + past progressive
    ex : When Mark came home, Mandy was watching television. (ketika Mark pulang, Mandy sedang menonton TV)
  2. Subject 1 + past progressive + when + subject 2 + simple past tense
    ex : Mandy was watching television when Mark came home. (Mandy sedang menonton TV ketika Mark pulang)

Kemudian rumus untuk penjelasan pada poin kedua adalah sebagai berikut:

  1. Subject 1 + past progressive + while + subject 2 + past progressive
    ex : Martha was watching television while John was reading a book. (Martha sedang menonton TV ketika John sedang membaca sebuah buku)
  2. While + subject 1 + past progressive + subject 2 + past progressive
    ex : John was reading a book while Martha was watching television. (John sedang mambaca sebuah buku ketika Martha sedang menonton TV)
  3. While + subject 1 + past progressive + subject 1 + simple past
    ex : While Martha was watching television, John read a book. (ketika Martha sedang menonton TV, John sudah selesai membaca sebuah buku)

Selanjutnya rumus untuk penjelasan pada poin terakhir adalah:

  1. Subject 1 + past progressive + [specific time in the past]
    ex : Martha was watching television at seven o’clock last night. (Martha sedang menonton TV pada pukul 7 kemarin)
    ex : What were you doing at one o’clock this afternoon? (apakah yang sedang kamu lakukan pada pukul 1 pm siang ini)

Indikator Pentingnya Penggunaan Past Progressive dalam Sebuah Kalimat

Secara sekilas, mungkin Anda melihat bahwa penggunaan past continuous tense ini hampir sama dengan penggunaan rumus pada simple past tense, terutama pada penjelasan ketiga. Memang baik simple past maupun past progressive sama-sama dapat digunakan untuk menjelaskan kejadian atau peristiwa yang terjadi pada suatu waktu tertentu pada masa lampau. Namun, jika pada simple past kurun waktu spesifik tersebut hanya ada satu penjelasan (misalnya last year, two days ago), pada past progressive Anda dapat melihat bahwa penjelasan terhadap durasi waktu tersebut lebih dari satu keterangan waktu (misalnya at five o’clock this morning atau at 7 p.m last night) seperti yang dapat dilihat pada contoh kalimat past continuous tense di atas.

Contoh Kalimat Past Continuous Tense

Agar lebih jelas lagi, berikut ada beberapa contoh soal past continuous tense yang dapat dipelajari lebih lanjut. Contoh soal berikut akan diikuti dengan penjelasan singkat di bawahnya.

  1. Henry …….. (eat) a snack at midnight last night
  2. George ……. (read) a book when his brother called
  3. The student ……. (read) when the professor …… (speak)
  4. While John ……… (write) the report, Henry ……. (look) for more information

Kalimat pertama harusnya diisi dengan ‘was eating’ karena ada dua keterangan waktu yang spesifik yaitu midnight dan last night. Lalu kalimat kedua seharusnya diisi dengan ‘was reading’ karena ada peristiwa lain yang menginterupsi pada waktu yang hampir bersamaan (when his brother called). Selanjutnya kedua blank space tersebut harusnya diisi dengan ‘was reading’ dan ‘was speaking’ pada kalimat ketiga karena kedua peristiwa tersebut terjadi secara bersamaan pada masa lampau. Dan pada kalimat terakhir, juga sama-sama menggunakan past continuous tense menjadi ‘was writing’ dan ‘was looking’ karena terjadi pada waktu yang bersamaan pada suatu waktu tertentu.

Contoh Soal Past Continuous Tense

Berikut latihan Past continuous tense bahasa inggris. Jika mengalami kesulitan dalam arti kata gunakan kamus bahasa inggris online :

  1. Rudi sedang belajar semalam ketika neneknya menelponnya.
  2. Rendi dan Yani sedang membersihkan kamarnya ketika bibinya datang kemarin.
  3. Saya sedang menyiapkan makanan untuk Rafa ketika tukang post datang tadi pagi.
  4. Mereka sedang bermain sepak bola ketika kepala sekolah datang ke kelas mereka minggu lalu.
  5. Ibu sedang memasak ketika telpon berbunyi jam 8 tadi pagi.

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

 Posted on : September 4, 2013