Categories : Verb

 

Phrasal Verb beserta Contoh Kalimat dan Soal

Phrasal verb merupakan sebuah frase yang wajib dipelajari dalam Bahasa Inggris. Biasanya frase ini sering dikaitkan dengan verb frase, padahal dari pengertiannya saja berbeda. Pengertian phrasal verb adalah frase yang dibentuk dari gabungan atau kombinasi kata kerja dan particle (s) sehingga membentuk kata yang baru. Frase kata kerja terkadang juga sering disebut sebagai idiom. Beberapa ahli grammar menyatakan bahwa mempelajari frase pada Bahasa Inggris sangat penting, karena sering dipakai pada percakapan sehari-hari oleh native speaker, baik formal maupun informal. Memahami phrasal verb bagi para siswa dirasa cukup sulit dan kadang membingungkan. Jenis frase terbagi kedalam beberapa bagian untuk membuat siswa dapat mengetahui bagian frase mana yang verb atau particle-nya boleh dipisah dan tidak, namun tetap memiliki arti yang sama. Frase yang dibentuk dari kata kerja tidak hanya mempunyai dua bentuk saja. Ada juga jenis frase yang dibentuk dari satu kata kerja dan dua particle(s). Particle ini dapat berupa kata depan (preposisi), atau kata keterangan (adverb).

Jenis dan Contoh Phrasal Verb

Ketika menghadapi suatu frase, terkadang beberapa siswa salah mengartikannya sebagai kalimat. Padahal frase sendiri berarti gabungan dari dua atau tiga kata yang terdiri dari kata kerja dan kata depan. Frase banyak macamnya, termasuk phrasal verb ini. berikut ialah jenis phrasal verb dan contoh phrasal verb yang harus diketahui:

  1. Inseparable Phrasal Verbs (Transitive)
    Adalah frase yang kata kerja maupun kata depannya tidak dapat dipisahkan atau tetap menjadi satu bagian. Contohnya: look after, run into, wait on, go through, go over, dan lain sebagainya.
    Contoh kalimat : Please, look after my dad. (ku mohon, jagalah ayahku)
  2. Separable Phrasal Verbs
    Adalah frase yang kata kerja maupun kata depannya bisa dipisah letaknya dalam kalimat. Contohnya: put out, throw away, turn down, turn off, Shut up dan lain-lain.
    Contoh kalimat : They turn off the radio ——- They turn it off.
  3. Intransitive Phrasal Verbs
    Adalah frase yang yang tidak diikuti oleh object. Contoh: go back, show up, grow up, pass out, get up, dan lain-lain.
    Contoh kalimat : I get up early. (saya bangun tidur di pagi hari)
  4. Three Words Phrasal Verbs
    Adalah frase yang terdiri dari satu kata kerja dan dua particles yang berupa kata depan Contoh: bring it on, come up with, get along with, run out of, dan lain-lain.
    Contoh kalimat : After long absent from entertainment’s industri, Mary come up with new film. 

Contoh Soal Phrasal Verb

Contoh soal dibuat agar siswa dapat memahami frase dari bentuk kata kerja dengan lebih cepat, seperti:

Select the Meaning that corresponds to the displayed Verb!

  1. Go out with (someone)
    a. Apply cosmetics to
    b. date
  2. Make up
    a. Forgive each other
    b. Apply the cosmetic
  3. Let (someone) in
    a. Like or love
    b. Allow to enter
  4. Get along/on
    a. Support
    b. Fasten/close
  5. Pass out
    a. Surrender
    b. Faint

Jawaban untuk soal pertama ialah date, karena go out dan date memiliki arti yang sama yaitu kencan. Untuk soal kedua, jawabannya ialah forgive each other, karena make up pada soal di atas bukan berdandan tapi berbaikan. Soal ketiga jawabannya allow to enter. Pada soal keempat jawabannya ialah fasten/close, dan untuk soal terakhir, jawabannya faint atau jatuh.

Memahami phrasal verb memang tidak mudah, tetapi frase ini mudah dikenali pada soal test.

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

 Posted on : May 17, 2015