Categories : Past Future Tense

 

Past Future Perfect Continuous Tense

 

Dari ke-enambelas tenses yang paling umum digunakan, past future perfect continuous tense biasanya merupakan tense yang ditulis terakhir. Banyak di antara siswa yang memperlajari Bahasa Inggris merasa bahwa tense ini sangat membingungkan, namun, sebenarnya tense ini tidaklah seperti yang mereka bayangkan. Untuk lebih memahami past future perfect continuous tense dan dapat menggunakannya dalam kalimat, pada artikel ini akan dibahas tuntas seputar past future perfect continuous tense ini.

Rumus, Fungsi, dan Contoh Kalimat Past Future Perfect Continuous Tense

Pengertian Past Future Perfect Continuous tense adalah suatu bentuk kalimat yang menyatakan suatu aksi yang akan telah berlangsung sekian lama pada titik waktu tertentu. Tense ini digunakan untuk menyatakan aktifitas yang akan telah sedang terjadi di masa lampau. Dalam menggunakan past future perfect continuous tense, biasanya kalimat berupa pengandaian atau asumsi. Dengan kata lain, pembicara hanya memberikan asumsi atau pengandaian dari aksi yang disebutkan dalam kalimat tersebut. RUMUS Past Future Perfect Continuous tense dapat ditulis sebagai berikut:

(+) Subject + would + have + been + V1-ing
(-) Subject + would + not + have + been + V1-ing
(?) Would + Subject + have + been + V1-ing?

Pada ini, apapun subjeknya, auxiliary verb yang digunakan adalah “have”. Selain itu, tense ini biasanya ditandai dengan keterangan waktu seperti “by the end of this years, by the end of this week” dan seterusnya. Untuk lebih jelasnya, perhatikan contoh kalimat Past Future Perfect Continuous tense yang ada di bawah ini:

(+) I would have been learning English for two years by the end of this month
(saya akan telah belajar Bahasa Inggris selama dua tahun pada akhir bulan ini)

(-) I would not have been learning English for two years by the end of this month
(saya tidak akan telah belajar Bahasa Inggris selama dua tahun pada akhir bulan ini)

(?) Would I have been learning English grammar for two years by the end of this month?
(Apakah saya akan telah belajar Bahasa Inggris selama dua tahun pada akhir bulan ini)

Contoh Soal Past Future Perfect Continuous Tense

Pada ujian kompetensi Bahasa Inggris seperti TOEFL, IELTS dan TOEIC, past future perfect continuous tense banyak ditemui pada soal. Berikut beberapa contoh soal past future perfect continuous tense pada soal tes Bahasa Inggris.

By March 2015, Mr. Jhon and family … in London for three years
a. Live
b. Are living
c. Would have been living
d. Lives

Pembahasan: jawaban yang paling tepat adalah jawaban (c), jika kalimat tersebut diartikan secara lengkap, “Hingga bulan maret 2015, Mr. Jhon dan keluarganya akan telah tinggal di London selama 3 tahun”. Kejadian tersebut akan telah terjadi dan masih berlangsung pada saat pembicaraan. Sehingga grammar yang paling tepat untuk digunakan adalah past future perfect continuous tense.

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

 Posted on : April 23, 2015