Categories : Adverb

 

Pengertian Adverb of Frequency Contoh Kalimat dan Soal

Bahasa Inggris merupakan bahasa yang Lingua Franca. Artinya bahasa ini merupakan bahasa utama yang digunakan untuk berkomunikasi antara semua orang di seluruh dunia. Dengan menerapkan Bahasa Inggris secara baik dan benar maka akan terjadilan komunikasi yang bisa saling dimengerti antara satu sama lain. Bahasa Inggris itu sendiri memiliki konsep yang jelas dan terstruktur dengan baik. Tidak mengherankan jika bahasa ini bisa dikategorikan sebagai bahasa yang paling sempurna di dunia. Contohnya saja untuk memberitahukan mengenai kejadian lampau, kejadian sekarang, dan kejadian yang akan datang, bahasa ini menyediakan 3 penjabaran yakni melalui Present, Past, dan Future Tenses. Selain itu, dikenal juga istilah berupa adverb atau kata keterangan. Adverb ini sendiri ada banyak ragamnya, misalnya adverb of frequency, adverb of time, dan juga adverb of quantity.

Adverb of frequency adalah keterangan yang menyatakan sebarapa seringnya sebuah tindakan atau kegiatan dilakukan. Dengan mengetahui pengertian adverb of frequency maka seseorang akan mengetahui intensitas atau seberapa rutin hal yang dilakukan tersebut terjadi. Kata keterangan ini sendiri kemudian juga dijabarkan lagi menjadi dua bagian yaitu adverb of quantity dan juga adverb of number. Contoh dari adverb of quantity adalah How Often. Sementara contoh dari adverb of number adalah How Many Times.

Jenis dan Contoh Adverb Of Frequency

Berikut ini adalah contoh adverb of frequency yang sering muncul atau digunakan. Melalui contoh berikut, kita akan bisa memahami jenis-jenis dari adverb of frequency dan itu termasuk dalam kategori apa.

Adverb of Quantity

  • Always: He always eats a lot of foods (dia selalu makan banyak makanan).
  • Often: She often sleeps late to watch TV (dia selalu tidur larut malam untuk menonton TV).
  • Frequently: They frequently rearrange their office room (Mereka seringkali menata ulang ruang kantor).
  • Usually: I usually eat breakfast at 5 AM (Saya biasanya sarapan jam 5 pagi).
  • Sometimes: Father sometimes goes to Malang with his brother (Ayah kadang pergi ke Malang dengan saudara laki-lakinya).
  • Hardly Ever: The old woman is hardly ever to Amusement Park (Wanita tua itu jarang pergi ke Taman Bermain).
  • Seldom: She seldom goes bathroom alone (Dia jarang pergi ke kamar mandi sendirian)
  • Occassionally: Mr. Smith occasionally rides a horse (Tuan Smith sekali-kali menaiki kuda)
  • Never: John never plays card (John tidak pernah bermain game kartu).

Adverb of Number

  • Once: They do exercise once a week (Mereka berolahraga sekali seminggu)
  • Twice: He swims in twice a week (Dia berenang dua kali seminggu)

Contoh Soal Adverb of Frequency

Supaya lebih jelas lagi, berikut adalah contoh soal adverb of frequency yang bisa Anda kerjakan supaya lebih mengasah kemampuan Anda.

  1. He…..goes to Malang because he loves good scenery
  2. She….swims in the beach because she can’t do it.
  3. Andi…..washes his clothes because he is lazy.

Soal nomer satu bisa dijawab dengan menggunakan “often” atau “always” mengingat subyek sangat suka pergi ke Malang karena suka melihat pemandangan indah. Bisa juga dijawab dengan “frequently” atau “usually”. Sementara itu, soal nomer dua bisa dijawab dengan “never” karena subyek tidak bisa berenang. Oleh karena itu dia tidak pernah berenang di pantai. Untuk soal nomer 3 bisa dijawah dengan menggunakan “seldom” karena subyek jarang mencuci baju dikarenakan dia malas melakukannya. Itulah beberapa hal yang perlu dipahami mengenai Adverb of frequency.

Spread the Word, like or share this page, your friends will also love it and thanks for it.

 Posted on : May 21, 2015